Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan Multikultural dan Contohnya

Pengertian dan contoh pendidikan multikultural_Indonesia merupakan negara yang mempunyai masyarakat sangat plural dari segi agama, ras, dan budaya. Nah banyaknya perbedaan dari berbagai warga negara bisa menjadi keunikan tapi bisa juga menimbulkan banyak masalah. Untuk mengatasinya sekarang ini mulai dimunculkan pendidikan multikultural supaya bisa menguatkan satu sama lain yang punya banyak perbedaan budaya.
Pengertian Pendidikan Multikultural dan Contohnya
Mungkin pendidikan multikultural masih terdengar asing bagi Anda karena memang program ini terbilang masih baru. Untuk memahami pendidikan multikultural itu apa, Anda bisa mendapatkan gambaran dari ulasan mengenai pengertian pendidikan multikultural dan contohnya berikut ini.

A. Pengertian Pendidikan Multikultural

Pastinya Anda tahu bahwa pendidikan multikultural berasal dari gabungan dua kata, yaitu pendidikan dan multikultural. Pendidikan sendiri merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk mengembangkan sikap dan perilaku seseorang ataupun sekelompok orang agar terbentuk menjadi pribadi yang lebih dewasa dengan jalan memberikan pengajaran, pelatihan, perbuatan, dan cara-cara yang dapat mendidik. Sedangkan multikultural diistilahkan sebagai keragaman dari budaya yang terlihat dari latar belakang seseorang.

Secara umum, pendidikan multikultural merupakan salah satu program pendidikan yang di dalamnya ingin mengusung ideologi atau prinsip untuk memahami, menghormati, dan saling menghargai harkat martabat sesama manusia yang berasal dari berbagai latar belakang tempat, agama, ras, ekonomi, sosial, bahasa, negara, dan sebagainya.

Masih ada banyak pengertian pendidikan multikultural yang dikemukakan dari berbagai kalangan. Berikut pengertian pendidikan multikultural menurut para ahli:

1. H.A.R. Tilaar, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan wacana lintas batas yang ingin mengupas permasalahan mengenai musyawarah, keadilan sosial, hak asasi manusia, isu-isu politik, edukasi, moral, dan agama.

2. Zubaedi, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan proses pembaharuan yang berusaha mengubah komponen pendidikan, termasuk nilai dasar pendidikan, kurikulum, aturan prosedur, materi pengajaran, struktur, dan kebijakan pemerintah untuk merefleksikan adanya pluralism budaya sebagai sebuah realitas masyarakat di Indonesia.

3. Ainurrofiq Dawam, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan proses mengembangkan potensi yang dimiliki manusia dengan menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai suatu konsekuensi adanya keragaman budaya etnis, suku, dan aliran (agama).

4. Musa Asy’arie, menuturkan bahwa pendidikan multikutural merupakan penanaman cara hidup untuk menghormati , tulus, dan toleran terhadap keragaman budaya yang ada di masyarakat yang plural.

Setelah mengetahui pendidikan multikultural yang dilihat dari segi pengertiannya, pastinya Anda juga bertanya-tanya, lalu bagaimana contoh dari pendidikan multikultural itu sendiri?

Nah pembahasan selanjutnya Anda akan diberi beberapa gambaran tentang contoh pendidikan multikultural. Berikut akan dibahas contoh pendidikan multikultural yang bisa Anda ikuti lebih lanjutnya.

B. Contoh Pendidikan Multikultural

Membahas contoh pendidikan multikultural, Anda bisa lihat dari kurikulumnya yang berkembang di sekolah. Dalam kurikulum pendidikan mutikultural, ada beberapa pendekatan untuk menyukseskan program ini. Inilah beberapa pendekatan yang sekaligus memberi contoh bagi Anda tentang bentuk pendidikan formal.

1. Meningkatkan kompetensi beberapa kebudayaan sehingga menjauhkan diri dari konsep dikotomi antara pribumi dan non pribumi. Pendidikan multikultural berpotensi menghondarkan dikotomi dan mengembangkan apresiasi melalui kompetensi kebudayaan yang ada di masing-masing peserta didik.

2. Mengadopsi beberapa kebudayaan dan selanjutnya disesuaikan menurut situasi.

3. Menumbuhkan interaksi yang inisiatif dengan orang atau kelompok yang mempunyai kompetensi dalam suatu kebudayaan.

4. Meningkatkan pemahaman mengenai persamaan dan perbedaan di kalangan siswa yang berasal dari beragam etnis.

Itulah informasi tentang pengertian dan contoh pendidikan multikultural. Dengan mengetahui pengertian pendidikan multikultural dan contohnya, kita lebih bisa menerapkannya di lingkup kehidupan. Pastinya dengan adanya pendidikan multikutural satu sama lain lebih bisa saling memahami dan saling menghargai.