Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kasih Sayang Orangtua dalam Pendidikan Anak

Manfaat Kasih Sayang Orangtua dalam Pendidikan Anak_Kasih sayang orangtua sangat diperlukan anak untuk menjalani setiap aktifitas dan perkembangannya. Tanpa adanya kasih sayang, anak tidak akan dapat bahagia dan termotivasi untuk berkembang.
Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Kasih sayang orangtua dapat diibaratkan seperti baterai yang menggerakkan jam dinding. Oleh karenanya pemberian kasih sayang akan berdampak positif untuk anak. Lalu, seberapa penting kasih sayang orangtua dalam pendidikan anak?

1. Pengendalian Emosi Anak
Tanpa kasing sayang dari kedua orangtua, seorang anak tidak akan dapat atau tidak pAndai dalam mengontrol emosi mereka. Anak menjadi lebih mudah emosi karena di dalam pikirannya dia ingin memberontak menginginkan perhatian dan kasih sayang orangtuanya.

Selain itu, beban psikologis juga dapat mereka alami jika tidak adanya perhatian dan kasih sayang karena mereka juga di jauhi oleh orang lain karena sikapnya yang emosial. Akibatnya mereka menjadi keras kepala, tidak bergembira, memiliki perasaan sedih dan gelisah.

Hanya dengan kasih sayang lah yang mampu mengubah perilaku seseorang. Seperti ungkapan, batu saja bisa lunak bila mendapatkan kasih sayang.

2. Membantu Kemampuan Berpikirnya
Kemampuan berpikir seorang anak dipengaruhi oleh perlakuan orang lain terhadap mereka khususnya orangtua. Anak akan sulit memahami proses sebab-akibat, kestabilan / konsisten, dan lain sebagainya.

Dengan demikian anak-anak yang kurang mendapat kasih sayang dan perhatian akan memunculkan sikap dan tindakan seperti mencuri, berbohong, merusak ataupun menyakiti.

Bila Anda tidak menginginkan sifat negatif tersebut dilakukan oleh buah hati coba mulai sekarang luangkan waktu untuk buah hati Anda untuk berbincang ataupun bercanda, memberi mereka dongeng sebelum tidur, curhat, bermain, belajar bersama, berjalan-jalan ataupun memasak bersama.

Cobalah untuk mengelola waktu agar membuatnya merasa disayangi dan diperhatikan serta dianggap ada. Hal tersebut dapat Anda coba untuk menghindari perbuatan negatif tersebut.

3. Pemotivasi
Motivasi sangat dibutuhkan anak dalam melakukan tumbuh kembangnya. Dengan tidak adanya kasih sayang terlebih dari orangtua, tumbuh kembang anak akan mengalami gangguan.

Pemberian motivasi sendiri berguna untuk membentuk rasa percaya diri agar mereka siap untuk bertemu dengan orang lain atau menerima suatu pengetahuan baru.

Kasih sayang sendiri dapat memberikan  sifat optimis pada anak, berbaik hati, dan memiliki keyakinan diri serta percaya pada dirinya. Dengan demikian anak akan memiliki banyak teman dan bergembira karena kebutuhan akan kasih sayang terpenuhi.

Selain itu jika buah hati Anda akan mengikuti suatu kejuaraan, Anda sebagai orangtua dapat memberikan kasih sayang dan perhatian sebanyak-banyaknya agar sang buah hati merasa terdorong untuk menang.

4. Dapat Membedakan Benar dan Salah
Sebagian besar anak yang tidak mendapat kasih sayang penuh dari kedua orangtuanya tidak akan dapat membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang salah. Anak menganggap semua yang di lakukan benar menurut sudut pandang mereka tanpa melihat sudut pandang dari orang lain atau dapat dikatakan memiliki sifat egois yang sangat tinggi. Dengan demikian, mereka menjadi seseorang yang tidak disukai oleh orang lain.

Perlunya pemberian kasih sayang memang sangat dibutuhkan mengingat masih panjangnya masa perkembangan dari anak itu sendiri. Sebagai orangtua sebaiknya kita selalu meluangkan waktu untuk berbincang atau peduli kepada aktivitas anak meskipun kita sedang sibuk-sibuknya dengan pekerjaan.

Seperti itulah pentingnya pemberian kasih sayang untuk buah hati. Perlakukan mereka sebaik mungkin untuk membantu perkembangannya. Semoga berhasil.