Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan

Dampak Positif (manfaat) dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan_Sebuah survey yang diadakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) sepanjang tahun 2016 menemukan bahwasanya 132,7 juta dari total penduduk 256,2 juta orang telah terhubung dengan internet. Dari data tersebut diketahui bahwa pengaruh internet memang saat ini cukup besar, terlebih di dunia pendidikan. Internet seakan sudah menjadi kebutuhan utama, bukan lagi kebutuhan sampingan. Banyak fasilitas yang mudah kita dapatkan melalui internet. Meski internet banyak manfaatnya, ternyata dampak negatif internet juga menyertai keberadaannya.
Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan

Nah kali ini mari kita tinjau lebih jauh dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di dunia pendidikan.

A. Dampak Positif Internet bagi Dunia Pendidikan

1. Sumber Informasi
Internet menyediakan banyak literatur yang dapat di akses oleh guru maupun siswa. Literatur tersebut ada yang  dapat mereka akses secara gratis dan adapula yang berbayar. Dengan demikian mereka bisa menemukan bahan ajar tanpa harus kesusahan mencari bukunya. Bagi siswa yang kurang mampu pun dapat terbantu mengurangi biaya pendidikannya cukup dengan fasilitas internet ini.

2. Sarana pertukaran Data dan Informasi
Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat di akses melalui internet. Melalui media tersebut siswa dapat saling melengkapi pelajarannya dan bertukar informasi yang mereka butuhkan tanpa harus bertatap muka. Hal ini menjadikan belajar mereka lebih mudah dan efisien.
Baca juga Pentingnya Internet dalam Dunia Pendidikan

B. Dampak Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan

1. P0r*n0grafi
Saat ini kasus p0*rn0grafi sering diidentikkan dengan internet. Kebebasan mengakses berbagai hal tanpa adanya pendampingan dapat menjadikan pengguna internet dalam hal ini siswa tidak dapat mengontrol diri. Apalagi saat ini iklan yang berisi kontent p0*rn0grafi tak jarang masuk dalam berbagai situs. Para siswa yang diliputi rasa penasaran menjadikan mereka membuka iklan tersebut dan tak jarang di arahkan kepada situs lain yang berbau p0*rn0grafi.

2. Individualis
Adanya kemudahan dari fasilitas yang diberikan internet untuk berkomunikasi antar teman tanpa harus bertatap muka menjadikan siswa cenderung bersikap individualis dan anti sosial. Mereka menjadi malas untuk berinteraksi secara face to face dan lebih memilih untuk menggunakan chatting medsos sebagai media komunikasi.

3. Kecanduan
Internet menyediakan berbagai hiburan yang dapat membuat siswa kecanduan untuk menggunakannya. Mereka bahkan rela untuk begadang streaming film atau game online dari pada belajar atau istirahat yang cukup. Mereka yang sudah kecanduan dengan internet ini tidak memperhatikan kesehatan mereka sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kurang tidur, mata memerah atau bahkan minus tebal karena terkena radiasi dari layar leptop atau gadjet.

4. Plagiasi
Banyaknya sumber informasi di internet, juga berdampak para siswa cenderung malas mencari di buku dan lebih memilih mengakses di internet. Nah di internet sendiri menyediakan ruang untuk bisa meng copy tulisan yang ada di internet dan menaruhnya pada microsoft word. Fenomena plagiasi pun tak dapat di hindarkan lagi. Palagiasi ini terjadi mulai dari plagiasi total, plagiasi parsial, auto plagiasi hingga plagiasi antar bahasa.

5. Kekerasan
Apa yang dilihat siswa di internet tak jarang mempengaruhi sikap kesehari-harian mereka. Tindakan kekerasan yang di tampilkan di internet melalui sebuah video atau berita bisa menjadi edukasi buruk bagi siswa untuk dipraktekkan di dunia nyata.

6. Penipuan
Bagi sebagian kalangan yang tidak bertanggung jawab, mereka memanfaatkan internet untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan jalan penipuan. Bagi beberapa orang termasuk siswa yang tergiur dengan apa yang ditawarkan oleh mereka tentunya hal ini menjadi sangat berbahaya.

Nah itulah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di dunia pendidikan. Internet dapat memberikan dampak yang positif atau negatif bergantung dari pengguna yang memanfaatkan layanan ini.

Jika Anda memanfaatkan internet untuk hal yang berguna maka ia akan menjadi dampak yang positif bagi anda. Namun jika Anda tidak mampu mengontrol penggunaan internet dan terjebak dalam hiburan yang ditawarkan internet maka justru dampak negatiflah yang akan Anda dapatkan.
Oleh karena itu ambillah yang bermanfaat dari internet dan berwaspadalah terhadap dampak negatifnya. Selamat berselancar di dunia internet dan semoga bermanfaat.