Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Anda Sejak Usia Dini

Bagaimana menggali bakat anak?_Menggali bakat putra/putri Bapak/Ibu, sejak mereka berusia dini sangat perlu dilakukan. Karena dengan mengetahui bakat anak, orang tua akan lebih mudah dalam memberikan pengarahan dan pendidikan yang sesuai dengan minat serta bakatnya.
Cara Mudah Menggali Bakat Anak Anda Sejak Usia Dini
Nah buat Anda para orangtua, berikut ini adalah beberapa cara dalam menggali bakat anak sejak usia dini yang bisa Anda coba lakukan untuk buah hati Anda.

Cara Menggali/Mengenali/Mengetahui Bakat Anak Usia Dini

1. Mengenali Kecerdasan Anak
Cara pertama untuk bisa menggali bakat anak adalah dengan mengenali tipe kecerdasan anak. Ada delapan tipe kecerdasan anak yang wajib diketahui oleh orangtua yaitu kecerdasan logika, linguistik, intrapersonal, interpersonal, musikal, spasial, kinetik, dan naturalis.

a. Kecerdasan logika atau matematis yaitu kecerdasan yang menjadikan anak sangat tertarik dengan angka-angka, ilmu pasti seperti sains, matematika dan juga ilmu yang berhubungan dengan logika.

b. Kecerdasan linguistik yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan bahasa. Kecerdasan ini menjadikan anak lebih menguasai bahasa dan lebih suka bercerita, berbicara maupun menulis.

c. Kecerdasan intrapersonal yaitu kecerdasan yang membuat sang anak lebih suka bermain sendiri namun anak dengan kecerdasan ini akan lebih baik dalam mengatur emosinya.

d. Kecerdasan interpersonal yaitu lawan dari kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan ini membuat anak lebih suka berhubungan dengan banyak orang dan menjadikan anak lebih baik dalam bersosial, berempati dan juga cenderung bisa menjadi pemimpin.

e. Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang membuat anak lebih tertarik dengan musik dan juga lebih mudah dalam bermain lagu.

f. Kecerdasan spasial yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan seni. Anak dengan kecerdasan ini cenderung suka menggambar, melukis dan berimajinasi.

g. Kecerdasan kinetik yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan keaktifan tubuh. Kecerdasan ini biasa ditunjukkan anak yang suka dengan aktifitas fisik seperti olahraga dan menari.

h. Kecerdasan naturalis yaitu kecerdasan yang menjadikan anak sangat suka dengan lingkungan sekitar. Anak dengan kecerdasan ini cenderung peduli dengan lingkungan alam, binatang dan juga tumbuhan.

Kenali kecerdasan anak berdasarkan kebiasaan yang dia lakukan setiap hari. Dengan mengenali kecerdasan anak, akan membantu Anda dalam menggali bakat sang anak.

2. Berikan Dukungan Terhadap Hobi
Cara selanjutnya untuk menggali bakat sang anak adalah dengan mendukung hobinya. Jangan menjadi orangtua egois dengan memaksa Anak untuk menjalai aktifitas yang tidak disukainya. Lebih baik berilah kebebasan kepada anak untuk memilih apa yang ingin dia ikuti.

Namun saat menentukan pilihannya, alangkah baiknya didampingi oleh orangtua untuk memberikan masukan dan saran.

Dengan menjalani hobi, sang anak akan lebih cepat menunjukkan bakat yang ada dalam dirinya. Apalagi jika mendapat dukungan penuh dari orangtua.

3. Ikutkan Anak Lomba dan Latihan
Cara selanjutnya untuk menggali bakat anak adalah dengan mengikutsertakan anak dalam lomba dan latihan. Lomba dam latihan akan membantu orangtua dalam menggali bakat karena dengan lomba dan latihan bisa diketahui apakah sang anak berbakat atau tidak.

Semakin sering sang anak mengikuti latihan ataupun lomba, maka bakat sang anak akan semakin terlihat.

4. Berikan Kesempatan Anak untuk Beraktifitas
Kesempatan yang didapat anak untuk beraktifitas bisa menjadi cara untuk menggali bakat anak. Apabila anak mulai tertarik dengan aktifitas tertentu, berilah kesempatan untuk menjalaninya.

Pada awalnya Anda bisa memandu untuk mengarahkan aktifitas tersebut. Namun setelahnya Anda bisa memberikan kebebasan agar anak lebih mandiri. Karena jika Anda memberikan pengarahan terus menerus, maka anak tidak akan menemukan bakatnya malah cenderung mengerjakan aktifitas karena tuntutan orangtua. Sebisa mungkin berilah kebebasan namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Cara di atas bisa Anda terapkan untuk menggali bakat anak Anda. Jika sudah Anda temukan bakatnya, berilah dukungan penuh agar anak bisa menemukan passion yang akan sangat berguna untuk masa depannya. Semoga bermanfaat.