Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Belajar di Sepertiga Malam

Manfaat Belajar di Waktu Sepertiga Malam_Waktu sepertiga akhir malam hari merupakan waktu yang paling istimewa. Pada prinsipnya, sepertiga akhir berada pada pukul 21.40 hingga pukul 04.15 atau sebelum waktu subuh, tetapi sepertiga akhir yang dianggap paling istimewa adalah sepertiga akhir terakhir atau sekitar pukul 01.15 hingga 04.15. Bahkan menurut ajaran Islam, pada waktu sepertiga akhir terakhir ini, semua pekerjaan manusia akan dipermudah.

Oleh karena inilah banyak yang berkata waktu yang paling tepat untuk belajar ada pada sepetiga akhir terakhir ini. Ternyata teori ini juga didukung dari kacamata ilmiah, karena faktanya banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa didapatkan apabila belajar pada sepertiga akhir ini.
Kira-kira apa saja manfaat-manfaat belajar pada waktu sepertiga akhir ini? berikut kami sajikan ulasannya.
Manfaat Belajar di Sepertiga Malam
Keunggulan belajar pada sepertiga akhir malam
1. Sepertiga akhir malam adalah waktu terbaik kerja otak
Survei membuktikan apabila Anda bangun tidur pada pukul pada sepertiga akhir, pikiran Anda akan berada pada fase terbaik dan dapat bekerja lebih keras daripada biasannya. Hal ini dikarenakan asupan oksigen yang masuk ke otak lebih banyak pada saat malam hari. Untuk bekerja dengan kondisi yang paling baik, otak membutuhkan setidaknya 20 persen dari seluruh oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

2. Tubuh dalam kondisi segar dan prima
Tidak dipungkiri sepertiga akhir adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk tidur, hal ini ditambah sepertiga akhir merupakan fase dimana suhu udara menjadi paling dingin. Walaupun begitu, apabila Anda berhasil meredakan kantuk seperti dengan mencuci muka ataupun mengambil wudhu, tubuh Anda akan berada dalam kondisi segar dan prima. Belajar dengan kondisi tubuh seperti ini tentu saja lebih efektif daripada dalam kondisi tubuh yang lemas dan mengantuk.

3. Otak memproduksi hormone pengingat
Pada saat tidur, otak secara otomatis akan memroduksi hormone serotonin yang berguna untuk untuk menstimulan otak sehingga dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cepat. Hal ini ditambah dengan pada saat bangun tidur otak juga akan memroduksi banyak hormone yang berguna untuk mempertajam daya ingat. Tentu dengan kedua faktor ini belajar pada sepertiga malam menjadi lebih efektif daripada waktu-waktu lainnya.

4. Sepertiga akhir adalah waktu yang tenang
Mungkin beberapa dari kalian ada yang mengalami permasalahan susah belajar karena fokus yang kurang. Mayoritas orang memang melakukan segala aktifitasnya pada siang hari. Hal ini secara tidak langsung membuat siang hari menjadi bising dan tentu akan membuat orang susah untuk berkonsentrasi khususnya untuk belajar.

Sepertiga akhir umumnya merupakan waktu untuk orang-orang beristirahat. Ini secara tidak langsung membuat suasana pada sepertiga akhir menjadi lebih tenang dan sepi. Suasana seperti ini merupakan suasana yang ideal untuk belajar. Dengan minimnya suara-suara bising dan interfensi yang dapat menganggu, dapat dipastikan kegiatan belajar dapat lebih efektif dan tenang.

5. Faktor-faktor lainnya
Selain itu, belajar pada sepertiga malam juga masih memiliki keunggulan-keunggulan lain yang membuat belajar menjadi lebih efektif. Seperti contohnya adalah udara yang segar dan dingin tentu akan membuat proses belajar menjadi lebih nyaman. Selain itu, apabila Anda merupakan seseorang yang gemar belajar melalui internet, kecepatan internet pada sepertiga akhir malam pada umumnya akan sangat cepat karena tidak banyak orang yang menggunakannya.