Peringatan Hari Ayah Nasional Tanggal 12 November 2017

Hari Ayah Nasional diperingati tanggal 12 November pada setiap tahunnya. Hari Ayah Nasional ditetapkan di Solo pada tahun 2006 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat beliau masih menjabat sebagai Presiden RI. Hari Ayah Nasional (HAN) 12 November bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Saat ini (2017), perayaan Hari Ayah Nasional 12 November belum sepopuler dan seramai perayaan Hari Ibu 22 Desember.
Hari Ayah Nasional
Pelopor Hari Ayah Nasional Indonesia bukanlah kaum pria, melainkan sekelompok wanita yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tanggal 12 November 2006 di Pendapi Gede Balaikota, Solo, Jawa Tengah, yang menggelar Deklarasi Hari Ayah Nasional. Deklarasi ini juga digelar bersamaan oleh para anggota PPIP di Maumere, Flores, Nusa Tengara Timur.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan Piagam Deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta beberapa bupati di 4 wilayah Indonesia, Sabang, Merauke, Pulau Rote, dan Sangir Talaud.

Ketua PPIP kala itu, Gress Raja mengatakan, Hari Ayah lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga turut memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Ayah dan Ibu adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Artikel terkait: Puisi Perjuangan Ayah untuk Anaknya

Perayaan Hari Ayah Nasional Tanggal 12 November
Perayaan Hari Ayah Nasional bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberi ucapan selamat Hari Ayah Nasional, membacakan puisi, membacakan kata-kata mutiara untuk Ayah, dan cara baik lainnya.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top