10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar

10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar_Kunci kesuksesan adalah belajar, setiap orang yang ingin berjaya dan sukses dalam karirnya pastinya senantiasa harus banyak belajar. Belajar tidak mesti hanya dilakukan di sekolah akan tetapi aktivitas belajar harus selalu dilakukan baik di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Jika dahulu belajar sangat lekat dengan menggunakan media buku dan melalui interaksi antara guru dan siswa dalam kelas, namun lebih dari itu belajar diera milineal saat ini tidak hanya berpatokan pada buku-buku saja akan tetapi sudah meramba pada penggunaan perangkat teknologi yang mampu mengoptimalkan kebutuhan akan aktivitas belajar para siswa.
10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar
Namun walaupun berbagai sarana saat ini bisa menjadi media untuk belajar akan tetapi terkadang muncul titik kejenuhan dalam diri dalam melakukan aktivitas belajar. Lantas bagaimana cara mengatasi perasaan jenuh atau bosan dalam diri sendiri? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan bosan saat belajar.

10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar

1. Belajar dengan menggunakan metode yang bervariasi
Salah satu pemicu yang membuat anda cepat bosan saat belajar adalah metode atau cara yang kalian gunakan dalam belajar bersifat monoton (itu-itu saja) sehingga membuat pikiran menjadi mudah bosan saat belajar.

Oleh karena itu gunakan cara yang beragam atau bervariasi saat belajar, karena hal-hal baru/bervariasi akan membuat pikiran menjadi lebih tertarik untuk melaluinya.

2. Membuat rangkuman materi pelajaran
Agar anda tidak kewalahan dalam mempelajari materi pelajaran yang pembahasannya sangat luas, maka tidak ada salahnya anda membuat rangkuman dari materi-materi tersebut. Selain bisa mengefisienkan waktu juga bisa membuat anda lebih mudah mempelajari hal-hal dasar/inti dari materi yang ingin anda kuasai.

3. Membuat Peta pikiran (mind mapping)
Jika hari ini anda belajar dengan cara merangkum materi, maka keesokan harinya belajarlah dengan menggunakan metode yang lain misalkan metode peta pikiran. Pembelajaran peta pikiran adalah pembelajaran yang menekankan seseorang untuk membuat alur atau peta pikiran terkait topik-topik utama terkait hal yang sedang anda pelajari sehingga membentuk seperti peta pikiran.

Belajar dengan metode peta pikiran juga sangat menyenangkan karena akan melatih kemampuan anda dalam mendesain gambar yang membuat topik-topik dalam materi yang sedang anda pelajari bisa saling terkait satu sama lain.

4. Belajar di alam terbuka
Bagaimana perasaan anda jika saat anda belajar hal yang ada di sekeliling anda itu-itu saja? Pastinya akan mudah membuat bosan. Oleh karena ada baiknya sekali-kali anda memcoba belajar di alam terbuka di bawah naungan langit yang biru dan pemandangan hijau yang asri, kemungkinan besar kondisi tersebut akan membuat pikiran anda rileks sehingga anda dengan mudah mencerna materi pelajaran yang sedang anda pelajari.

5. Problem solving (pemecahan masalah) 
Jika selama ini saat belajar anda terlebih dahulu membaca materi kemudian menjawab soal. Maka sekali-kali anda coba belajar dengan menggunakan metode problem solving (pemecahan masalah), bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan mencari permasalahan terlebih dahulu, yakni langsung anda coba menjawab soal tanpa membaca materi terlebih dahulu. Sehingga kondisi tersebut membuat anda merasa terchalenge/tertantang,  Problem solving akan memicu kemampuan berpikir kritis anda (hots/higher order thingking) dan efeknya adalah anda bisa menjadi orang yang jenius dan cerdas.

6. Bimbel online
Apabila anda bosan belajar dengan cara-cara manual, mengapa tidak coba saja untuk ikut bimbingan belajar online. Anda bisa ikut bimbel online di Quipper video. Biaya ikut bimbel di Quipper Video sangat terjangkau, apalagi jika menggunakan kode promosi Quipper video pastinya akan lebih murah lagi.

Quipper video sudah sangat populer dikalangan pelajar, bahkan banyak yang menjadi juara elas setelah ikut bimbel di Quipper video, untuk mendaftar di Quipper video juga tidak telalu susah alias gampang.

7. Diskusi 
Belajar sendiri terkadang membuat kita mudah bosan, oleh karena itu terkadang kita perlu teman belajar yang bisa diajak berdiskusi seputar materi pelajaran yang sedang dipelajari. Seperti kata sebuah ungkapan yang berbunyi seperti ini “ dua kepala yang berpikir lebih baik dari satu kepala yang berpikir.

Maka dari itu anda bisa berkumpul dengan  teman-teman anda sambil belajar bersama, saling tanya jawab seputar materi yang belum dipahami, saling memberi masukan dan saran dan saling berbagi trik tentang bagaimana cara mudah untuk memahami pelajaran menurut versi kalian masing-masing.

8. Modifikasi Metode jigsaw
Pernah dengan metode jigsaw? Metode jigsaw sering juga disebut dengan istilah team ahli. Cara belajar dengan menggunakan metode jigsaw cukup mudah dilakukan. Misalkan jika jumlah kalian ada 3, 4 atau 5 orang maka materi yang akan kalian pelajari bersama itu kemudian di bagi secara rata topik-topiknya.

Setiap orang diberikan topik-topik yang berbeda untuk dikuasai dan pelajari, setelah setiap orang sudah menguasai topik yang ditugaskan untuknya kemudian kalian berkumpul berbentuk lingkaran, kemudian secara bergantian memaparkan atau menjelaskan apa-apa saja yang kalian pahami terkait topik yang anda pelajari.

Setiap peserta bisa mengajukan pertanyaan kepada orang yang sedang menjelaskan/memaparkan topik yang diberikan untuknya  jika masih kurang mengerti. Kegiatan presentasi ini dilakukan secara bergantian.

9. Refreshing/berlibur
Otak juga memiliki batas, terlalu dipaksakan untuk belajar juga tidak baik. Sehingga apa salahnya jika setelah belajar kalian menyempatkan diri untuk pergi rekreasi, berlibur, bertmasya agar pikiran kalian bisa kembali fresh.

Setelah berlibur pastinya otak akan kembali rileks dan siap menerima materi-materi pelajaran yang akan dipelajari selanjutnya.

10. Chalenge (menantang diri sendiri)
Agar anda bisa lebih berapi-api dalam belajar maka anda bisa menantang diri sendiri. Caranya adalah buat kesepakatan dengan mama atau papa kalian untuk membelikan sesuatu yang berhargadan sangat kamu sukai  jika kamu mampu meraih prestasi yang kelihatannya sangat susah untuk kamu raih.

Dengan begitu kamu akan jauh lebih termotivasi lagi belajar karena punya goal atau target yang ingin dicapai. (Oh ya, cek juga Kumpulan Kata-Kata Indah yang Dapat Memotivasi Belajar dan Hidup Anda). Hal ini akan melecut kemampuan kamu untuk tereksplorasi secara maksimal dalam menaklukan tantangan-tantangan tersebut.

Demikianlah 10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar, semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk kalian. Jika kalian merasa tulisan ini bermanfaat untuk kalian dan bisa bermanfaat pula untuk orang lain maka silahkan anda bagikan/share. Oleh: Rijal09

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top