Lebih Penting Laptop atau Smartphone bagi Pelajar ?

Lebih Penting Mana antara Laptop dengan Smartphone bagi Pelajar?_Laptop dan smartphone-android saat ini memang sudah menjadi barang yang tak asing lagi, termasuk bagi Anda yang berstatus sebagai seorang siswa. Jika memungkinkan tentu saja Anda ingin memiliki kedua benda tersebut. Namun ada kalanya karena alasan tertentu Anda diharuskan untuk memilih salah satunya saja. Hal ini tentu saja membuat galau harus memilih yang mana.
Lebih Penting Laptop atau Smartphone bagi Pelajar ?
Nah, buat Anda yang masih pelajar, dan saat ini sedang bingung memilih antara laptop dan smartphone, berikut beberapa hal yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan.

A. Keunggulan Laptop

1. Memudahkan Mengerjakan Tugas
Saat ini guru sering memberikan tugas yang mengharuskan siswa menggunakan computer atau laptop, seperti makalah dan presentasi. Dengan memiliki laptop maka Anda dapat mengerjakan tugas di rumah tanpa harus pergi ke warnet lagi sehingga lebih menghemat waktu.

2. Laptop lebih nayaman untuk Mencatat dan menyimpan Materi Pelajaran
Demi mengurangi pemakain kertas, saat ini pemerintah menyediakan berbagai buku atau materi pelajaran dalam bentuk digital (e-book) dalam bentuk format PDF atau format lainnya. Anda dapat menyimpan semua materi pelarajan E-book tersebut di laptop, jadi hanya dengan membawa laptop maka Anda sudah membawa semua buku yang dibutuhkan dan tentu saja lebih mudah dibawa kemana-mana.

3. Laptop Mendukung Metode Belajar yang Lebih Efektif
Salah satu metode belajar efektif adalah melalui video, dengan memiliki laptop maka Anda dapat memanfaatkannya untuk menonton video-video yang berkaitan dengan materi sekolah. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami materi tersebut.

4. Melatih Kreativitas
Anak-anak muda sekarang memiliki ide-ide yang sangta kreativ. Laptop akan membantu merealisasikan kreativitas Anda karena melalui laptop proses kreasi akan lebih dipercepat dan didigitalisasi. Bahkan hasil atau produk kreativitas tersebut dapat Anda jual lagi melalu laptop pula.

5. Melatih diri Untuk Menghadapi Dunia Kerja
Hapir semua perusahaan saat ini menggunakan laptop untuk menunjang kegiatan bisnisnya, maka setiap karyawan dituntut untuk mampu mengoperasikan laptop. Jika sudah terbiasa menggunakan laptop, Anda akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

B. Keunggulan Smartphone

1. Lebih fleksible
Karena bentuknya yang kecil, tak heran jika smartphone lebih mudah dibawa kemana-mana.

2. Harga lebih terjangkau
Saat ini harga smartphone tidak semahal dulu lagi. Bahkan untuk yang harga 1 jutaan, kita bisa mendapatkan smartphone ber merk dengan spesifikasi yang lumayan lengkap.

3. Baterray lebih awet
Jika dibandingkan dengan laptop, memang smartphone memiliki ketahanan baterray yang lebih tinggi.

Lantas, Lebih Penting Laptop atau Smartphone Untuk Kalangan Pelajar?

Jika kita berpikir secara bijak, sebagai pelajar idealnya kita akan memilih laptop. Kenapa demikian? Berikut berbagai pertimbangannya.

Pertimbangan Pertama
Laptop lebih dibutuhkan daripada smarthphone. Pekerjaan Anda sebagai seorang siswa mengharuskan Anda menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan guru dengan menggunakan media komputer/laptop. Laptop akan menjadi sahabat terbaik dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut karena laptop merupakan gadget yang multifungsi.

Pertimbangan Kedua
Coba bayangkan jika suatu ketika guru Anda memberikan tugas dadakan yang harus dikumpulkan dalam waktu dekat. Anda tidak mungkin mengerjakan tugas tersebut di laboratorium sekolah karena harus mengantri dengan siswa lainnya, tidak mungkin juga meminjam laptop teman yang juga harus mengerjakan tugasnya dan jika mengerjakan di warnet rasanya tidak nyaman. Maka solusi untuk masalah-masalah seperti ini adalah memiliki laptop sendiri.

Pertimbangan Ketiga
Siapa bilang laptop tidak bisa internetan seperti smartphone? Saat ini banyak perpustakaan, café dan tempat nongkrong yang menyediakan layanan wifi gratis. Dengan mengandalkan laptop dan wifi tersebut Anda dapat mengerjakan tugas sekolah, mengakses media sosial, menulis di blog dan sebagainya. Jadi dengan memiliki laptop Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada smartphone.

Pertimbangan Keempat
Jika disuruh memilih salah satu, maka laptop adalah hal yang harus Anda pilih daripada smartphone. Dengan memanfaatkan laptop Anda dapat mencari uang tambahan, misalnya sebagai menjadi penulis freelance atau bisnis online lainnya. Hasil kerja tersebut dapat menambah uang jajan atau bahkan ditabung untuk membeli smartphone.

Itulah beberapa perimbangan yang dapat Anda pikirkan ketika bingung memilih beli laptop atau smartphone. Masing-masing orang pasti punya pertimbangan yang berbeda, tapi pilihlah yang paling banyak manfaatnya dan tentunya yang paling dibutuhkan. Dan untuk kasus ini, tampaknya laptop lebih dibutuhkan buat pelajar daripada smartphone.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top