Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Apa Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara?_Negara Indonesia yang tercinta ini menjalani proses panjang untuk mencapai kemerdekaan. Didalam sejarah yang panjang itu ada banyak tetesan air mata dan darah dan puluhan juta jiwa menjadi korban. Berkat perjuangan dan semangat cinta tanah air para pahlawan yang gigih dan berani, maka kemerdekaan Indonesia dapat dirasakan oleh generasi masa kini. Bukti nyata negara Indonesia diakui sebagai satu negara merdeka dimulai pada tanggal 17 agustus 1945, lewat suara Bung karno dan Bung Hatta yang dengan yakin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Perjuangan untuk kemerdekaan bukanlah perkara mudah. Karena itu tidak ada alasan lain bagi generasi masa kini untuk tidak mempertahankan kemerdekaan itu meskipun ditukar dengan nyawa seperti sikap para pendahulu. Mempertahankan kemerdekaan serta menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia ini termaktub jelas didalam pancasila dan UUD 1945. NKRI adalah harga mati. Sudah menjadi tugas kita sebagai warga negara untuk menjaga keutuhan bangsa ini.

Alasan Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

1. Menghindari Perpecahan Bangsa
Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang majemuk, baik dari segi suku, bahasa, ras, agama, budaya dan adat istiadat. Sejak dulu masyarakat yang majemuk dan berbeda ini salaing hidup berdampingan dan saling menghargai serta menjadi satu kesatuan. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini akan terancam jika persatuan dan keutuhan tersebut goyah karena tidak dijaga dengan baik oleh rakyatnya sendiri. Bayangkan jika Indonesia terpecah belah, saling berselisih dan berperang, mengerikan bukan? Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga kesatuan dan keutuhan Indonesia karena dengan tetap bersatu keutuhan bangsa ini akan selalu terjaga dan stabilitas nasional juga akan stabil.

2. Menghormati Jasa Para Pahlawan.
Kemerdekaan dan ketenangan yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari jerih payah para pahlawan pada masa dahulu. Mereka rela berkorban waktu, harta, bahkan nayawa untuk memerdekakan bangsa ini agar anak cucu dapat hidup dengan tenang. Maka sudah seharusnya kita menjaga kesatuan dan keutuhan Negara ini sebagai bentuk menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu, kita juga harus meneruskan harapan para pahlawan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

3. Mensyukuri Nikmat Tuhan
Kemerdekaan bangsa ini, selain karena jasa para pahlawan juga tak mungkin lepas dari karunia dan rahmat Tuhan. Kita tidak lagi diharuskan untuk berperang, namun hanya meneruskan kemerdekaan saja. Oleh karena itu jika kita tidak berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI maka sama saja kita tidak mensyukuri segala nikmat dan anugerah dari Tuhan. Maka sudah seharusnya mulai saat ini kita harus berjuang mempertahankan apa yang sudah dianugerahi oleh Tuhan untuk Negara ini.

4. Menunjukkan Jati Diri Bangsa Indonesia
Dengan menjaga dan mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI, maka kita sudah turut andil menunjukkan jati diri bangsa kepada dunia. Dengan demikian kita dapat memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki harga diri dan tidak dapat diperlakukan dengan semena-mena. Ketika semua warga Negara Indonesia sama-sama bertekad menjaga keutuhan negara ini, maka ketika ada yang mengganggu maka kita siap menjadi benteng untuk membela negara tercinta. Jika sebagai warga negara acuh tak acuh dalam mempertahankan NKRI, maka besar kemungkinan kita akan kembali ke masa silam ketika dijajah oleh bangsa lain.

Demikianlah uraian tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga bermanfaat.

Website Pendidikan Terpadu

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Komunikasi

 
Home- Daftar Isi - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top