Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahlawan Bermoral Pancasila

Pahlawan Bermoral Pancasila-Secara etimologi kata “pahlawan” berasal dari bahasa Sanskerta “phala”yang berarti hasil. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani;pejuang yang tanpa amrih. Pahlawan adalah seseorang yang berjuang tanpa pamrih, berjuang hanya mencari ridlo dari Yang Maha Kuasa ; berjuang tanpa pamrih duniawi, yang dicari yaitu pahala; apa yang dilakukannya demi kepentingan bersama. Perjuangannya memengaruhi tingkah laku orang lain kea arah yang positif, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat atau umat manusia.
Pahlawan Bermoral Pancasila

Dari pengertian pahlawan tersebut sudah sepantasnya para pejuang kemerdekaan Indonesia dan para pejuang yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia disebut dengan pahlawan, karena mereka benar-benar tulus ikhlas dalam berjuang. Yang menjadi tugas kita saat ini adalah berjuang dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan tanpa menghiraukan entah kita bisa disebut pahlawan atau tidaknya, karena yang terpenting adalah unsur manfaat yang dapat kita ambil dari segala perjuangan kita.

Negara kita butuh pahlawan yang bermoral Pancasila, seyogyanya kita sebagai rakyat Indonesia tidak sepantasnya menuntut orang lain untuk melakukan sesuatu tapi marilah kita menuntut diri kita sendiri untuk melakukan hal yang terbaik, menyumbang sesuatu demi kepentingan bersama tanpa membedakan suku, agama, dan pandangan politik.

Pahlawan Bermoral Pancasila

Roh Pancasila mustinya kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Indonesia pasti kan jaya bilamana semua rakyatnya menjadi pahlawan, dalam hal ini pahlawan dalam artian setiap orang yang melakukan sesuatu untuk mencari pahala, baik pahala dunia maupun akhirat, baik untuk kepentingan pribadi yang secara langsung atau tidak langsung berimbas terhadap kepentingan bersama. Rakyat ataupun pejabat akan lebih bermartabat apabila tidak terlalu banyak berucap, yang dibutuhkan adalah tindakan yang bermanfaat.

Selalu tegaknya NKRI harus didukung oleh adanya rakyat yang berjiwa pahlawan dan bermoral Pancasila.

Akhir-akhir ini kita semua sadar bahwa masyarakat kita semakin hari semakin merosot moral ataupun etikanya, sebagai contoh banyak orang Indonesia yang dalam poto profil di jejaring sosialnya sudah tidak malu lagi memamerkan auratnya, hal semacam ini sungguh menjadi masalah yang mungkin kurang kita sadari dampak negatifnya. Tantangan yang berupa kemajuan teknologi dalam hal ini internet sungguh mengerikan jika dilihat segi negatifnya walaupun segi positifnya juga banyak, semua tergantung pada pemakainya.

Pemerintah sudah berupaya untuk selalu memajukan dunia pendidikan agar bangsa ini cerdas dan bermoral, tapi dalam kenyataannya dunia pendidikan sering teracuni oleh perkembangan teknologi yang begitu canggihnya. Agar perkembangan teknologi menjadi madu, seyogyanya semua rakyat Indonesia pandai dalam menggunakan/memanfaatkannya untuk hal yang positif.

Bangsa kita harus mampu menjaga etika dan moral. Adanya kenakalan remaja dan kenakalan orang tua sungguh menjadi masalah serius bagi bangsa ini, tapi marilah kita jangan sampai bertindak nakal, jadilah diri sendiri yang senantiasa berniat dan melakukan kebaikan, jadilah PAHLAWAN yang bermoral Pancasila.