Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI

Apa Pentingnya Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI?_Wawasan nusantara merupakan penjabaran  falsafah UUD 1945 dan Pancasila  dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keutuhan dan kelengkapan pelaksanaan wawasan nusantara yang terwujud dalam terselenggaranya kesatuan dan ketahanan nasional Indonesia harus senantiasa ditingkatkan sesuai dengan kemajuan zaman.  Ketahanan nasional akan meningkat jika diiringi pembangunan yang terus meningkat dalam lingkup wawasan nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara 
Terdapat banyak pengertian tentang Wawasan Nusantara. Secara etimologis, Wawasan Nusantara mengandung dua unsur kata Wawasan dan Nusantara. Wawasan adalah berasal dari kata Wawas yang dalam bahasa Jawa berarti tinjauan, pandangan, dan penglihatan indrawi. Wawasan dipahami sebagai tinjuan, pandangan, dan penglihatan. Wawasan juga berarti cara melihat dan cara pandang.

Sedangkan Nusantara  berasal dari dua unsur kata  nusa dan antara. Nusa artinya kesatuan kepulauan. Antara menunjukkan letak antar dua unsur.  Jadi, nusantara adalah kesatuan kepulauan di antara dua benua yaitu Australia dan Asia dan dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia.

Salah satu pengertian Wawasan Nusantara yang digagas menjadi Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Tahun 1999  sebagai berikut: Wawasan Nusantara adalah sikap dan cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri  dan lingkungannya yang beragam dan memiliki nilai strategis dengan mengedepankan kesatuan dan persatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara guna mencapai tujuan dan cita-cita nasional.
Pentingnya Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
Wawasan Nusantara dalam Kesadaran Berbangsa dan Bernegara 

Jika dihadapkan pada kondisi tentang pemahaman kesadaran berbangsa dan bernegara maka untuk membangun kemampuan dan kesadaran bela negara di kalangan bangsa Indonesia sebagai dasar untuk menciptakan kekuatan pertahanan negara dengan wawasan nusantara maka harus diselenggarakan secara sistematis dengan proses yang berkelanjutan sejak dini dari usia anak-anak. Upaya ini dapat dilakukan melalui lingkungan pendidikan  secara formal maupun lingkungan masyarakat secara informal.

Wawasan kebangsaan Indonesia sudah dicetuskan sejak tahun 1928  dalam Sumpah Pemuda.  Pada saat itu para pemuda Indonesia bertekad untuk merdeka dan bersatu dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artikel terkait : Inilah 3 Bunyi Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang Benar dan Asli

Hari sumpah pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tentunya menjadi pengingat kita bahwa negara Indonesia merdeka karena seluruh rakyat bersatu tanpa memandang ras, agama, suku, dan golongan hingga akhirnya berhasil mengalahkan penjajah dan merdeka.

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdasarkan Pancasila. Keanekeragaman suku, agama, ras dan bahasa daerah ialah kekayaan budaya yang menyatukan bangsa. Oleh karena itu, apa yang telah dirintis oleh para pejuang kemerdekaan kita harus selalu dilestarikan dan dipertahankan oleh seluruh bangsa Indonesia dalam kerangka NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Pentingnya Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI 

Berdasarkan uraian di atas jelas terlihat bahwa Wawasan Nusantara memiliki peranan yang penting bagi bangsa Indonesia dalam konteks NKRI, karena:

1. Wawasan Nusantara Mampu Mewujudkan Persepsi yang Sama bagi Seluruh Bangsa Indonesia
Perbedaan pendapat dan persepsi antar kelompok dalam konteks sosial dan politik berdemokrasi adalah hal yang wajar.

Hal ini akan menciptakan kondisi masyarakat yang kreatif dan dinamis. Namun, hal-hal yang melanggar norma etika, agama, moral bahkan tindakan anarkis harus dihindari untuk menjaga integritas bangsa dan kesatuan NKRI.  Nusantara sebagai kesatuan (IPOLEJSOSBUD-HANKAM) adalah harga mati dan tidak bisa ditawar lagi.

2. Wawasan Nusantara Dapat Menghasilkan Ketahanan Nasional 
Daya  tahan yang kuat bagi bangsa diwujudkan dalam upaya kerjasama  baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.  Kerjasama yang sinergis antar bidang-bidang  tersebut harus diupayakan secara terus menerus sehingga ketahanan nasional yang menyeluruh dapat tercipta.

Itulah sekelumit penjabaran tentang pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI. Semoga bermanfaat.