10/31/2016

Fungsi Pendidikan di Indonesia

Fungsi Pendidikan - Seperti kita ketahui pendidikan adalah hal yang sangat utama, dan bisa dibilang termasuk dalam kebutuhan primer tiap manusia.  Dengan modal pendidikan yang memadai, membuat kita lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan pokok lainnya, yaitu sandang, pangan dan papan. Karena sebegitu pentingnya fungsi pendidikan, makanya tidak heran jika pemerintah kita membuat  program khusus agar pendidkan bisa merata dan bisa dimiliki oleh setiap generasi bangsa.
Fungsi Pendidikan di Indonesia

Selain itu pendidikan juga merupakan modal utama suatu bangsa bisa besar, maju dan bersaing dengan bangsa lainnya. Untuk itu tak tanggung-tanggung, pemerintah kita melalui dinas terkait, menggelontorkan dana dalam jumlah yang sangat besar, yaitu sekitar 20% dari total APBN untuk mendukung program ini. Melalui program pendidikan yang dicanangkannya, yaitu program wajib belajar 9 tahun, pemerintah kita optimis bisa membuat seluruh warganya mendapatkan pendidikan yang layak.

Fungsi pendidikan
Dari sekian banyak fungsi pendidikan, salah satu yang utama adalah untuk mengembangkan kemampuan , karakter, kepribadian dan perilakunya agar beradab, serta bermartabat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara., mematuhi aturan serta norma dan hukum yang berlaku.

Fungsi pendidikan menurut kurikulum terbaru 2013.
Dalam kurikulum ini, pendidikan akan difokuskan terhadap  tiga fungsi pokok , yang mana ketiga fungsi tersebut, yaitu,  fungsi pendidikan sebagai penegak nilai, fungsi pendidikan sebagai sarana untuk mengembangkan masyarakat, serta yang terakhir  fungsi pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi manusia.

Untuk penjabaran detailnya adalah sebagai berikut:

Fungsi pendidikan sebagai penegak nilai
Dalam hal ini bisa diartikan, pendidikan mempunyai  peran yang sangat  penting berkaitan dengan nilai-nilai yang ada pada masyarakat,  untuk memelihara dan menjaga kelestarian nilai-nilai luhur di dalamnya.

Fungsi pendidikan sebagai pengembang masyarakat
Maksudnya, pendidikan sebagai sarana untuk mengembangkan masyarakat , serta berperan  dalam meningkatkan mutu serta kualitas ilmu atau keilmuan setiap warganya.

Fungsi pendidikan sebagai upaya mengembangkan potensi manusia
Pendidikan diharapkan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang selalu siap atau tanggap dengan tantangan di kehidupan mendatang. Jadi, dengan modal pendidikan yang memadai, yang telah di dimiliki setiap warga, harapannya akan membentuk generasi-generasi tangguh, dengan intelektualitas tinggi, guna menghadapi semua tantangan zaman.

Beberapa point penting mengenai  fungsi penting pendidikan:
  • Untuk mempersiapkan setiap warganya, agar bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan nafkah dirinya sendiri maupun keluarganya.
  • Untuk mengembangkan minat dan bakat setiap setiap generasi bangsa, agar bermanfaat untuk diri, keluarga maupun bangsanya.
  • Ikut melestarikan dan menjaga nilai-nilai luhur, norma, dan hukum yang berlaku di masyarat dan di negaranya
  • Untuk menanamkan ilmu tentang berdemokrasi, berpolitik agar bisa ikut  berpartisipasi dalam membangun bangsanya.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak mungkin lepas dari kehidupan kehidupan setiap manusia. Karena dengan pendidikan maka keberlangsungan hidup manusia bisa berjalan.

Demikian tentang Fungsi Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top