Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bakat Menurut para Ahli Psikologi; Cara Mengembangkan Bakat Anak sejak Dini

Pengertian Bakat Menurut para Ahli Psikologi; Cara Mengembangkan Bakat Anak sejak Dini. Bagaimana Cara Mengidentifikasi Bakat Peserta Didik?- Apakah bakat itu ?, menurut Utami Munandar ( 1987 ) bahwa bakat dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan , sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud. Pendapat tersebut juga sejalan dengan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Sarwono ( 1986 ) bahwa bakat adalah kondii di dalam diri seseorang yang memungkinkannya dengan suatu latihan khusus mencapai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus.

Apakah bakat peserta didik merupakan potensi yang dapat dikembangkan ?

Terwujud atau tidaknya bakat anak dalam pertumbuhannya dapat disebabkan atau dipengaruhi oleh lingkungan seperti : peran orang tua/keluarga, guru di sekolah, dan pergaulan di lingkungan. Menurut Utami Munandar, terwujud atau tidaknya bakat seseorang/peserta didik dapat ditentukan oleh beberapa faktor. Jadi bakat peserta didik jelas merupakan potensi yang dapat dikembangkan.

Faktor-faktor yang dapat menentukan sejauh mana bakat anak dapat terwujud adalah sebagai berikut:

1. Faktor dalam Diri Anak

Mengidentifikasi Bakat Peserta Didik
Faktor dalam diri anak berkaitan dengan keadaan fisik dan psikis anak. Anak yang secara fisik sehat, semua paca inderanya berfungsi dengan baik, maka anak semakin mudah mengikuti pelajaran di sekolah maupun pelajaran di pendidikan non formal. Fisik yang sempurna pun perlu didukung oleh faktor dalam diri anak, seperti minat, motivasi, dan ketekunannya dalam memahami pelajaran tertentu.

2. Faktor Keadaan Lingkungan Anak

Dukungan dari luar diri anak sangat mempengaruhi berkembang atau tidaknya bakat anak/peserta didik. Misalnya dalam lingkungan keluarga, seberapa jauh lingkungan keluarga memberi kesempatan kepada anak dalam usahanya mengembangkan bakat yang ada. Selain itu sarana dan prasarana, keadaan sosial, keadaan ekonomi keluaraga juga ikut mempengaruhinya.

Pada saat anak sudah masuk ke jenjang pendidikan formal, berkembang atau tidaknya bakat anak dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, dalam hal ini faktor guru dan sarana prasarana di sekolah, dan faktor pergaulan di sekolah juga sangat mempengaruhi bakatnya tersebut.

Jadi baik faktor lingkungan keluarga, sekolah, pergaulan sama-sama memberikan pengaruh terhadapa berkembang atau tidaknya bakat peserta didik. Oleh karena itu, peran serta aktif keluarga dan sekolah sangat dibutuhkan demi berkembangnya bakat peserta didik.

Demikian sekilas tentang Pengertian Bakat Menurut para Ahli Psikologi; Cara Mengembangkan Bakat Anak sejak Dini. Semoga bermanfaat