6 Keterampilan Literasi yang Wajib Diketahui dan Dikuasai oleh Generasi Milenial

Enam Keterampilan Literasi yang Wajib Diketahui dan Dikuasai oleh Generasi Milenial_Seperti yang sudah maklum, bahwa menurut KBBI, pengertian literasi adalah kemampuan menulis dan membaca; pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu: -- komputer; kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Adapun enam keterampilan literasi yang wajib dikuasai oleh Milenial, menurut kemdibkud yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, serta literasi budaya dan kewargaan.
6 Keterampilan Literasi yang Wajib Diketahui dan Dikuasai oleh Generasi Milenial

Pengertian literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, serta literasi budaya dan kewargaan.

1. Literasi Baca Tulis
Literasi baca tulis adalah kemampuan memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat. Kemampuan ini juga dibutuhkan saat menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan.

2. Literasi Numerasi
Literasi numerasi adalah kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Literasi Sains
Literasi sains adalah kemampuan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Dengan literasi ini diharapkan kita dapat mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat.

4. Literasi Finansial
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, dan keterampilan dalam bidang finansial.

5. Literasi Digital
Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan
Literasi budaya dan kewargaan adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku, agama, bahasa, adat istiadat, kepercayaan, dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel