Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ciri Khusus Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan- Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.

Nama "undur-undur" diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Di daerah Barat, hewan ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai "singanya para semut".
Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

 Larva Undur-Undur dan Undur-Undur Dewasa

Larva undur-undur/Tembukur terkenal sebagai pemangsa yang ganas karena ia memakan hampir segala jenis Arthropoda kecil, terutama semut. Ia berburu secara pasif dengan cara membuat sarang jebakan berbentuk corong, lalu bersembunyi di tengahnya sambil menunggu ada mangsa yang terperosok masuk.
Sarang Larva Undur-Undur Darat/Tembukur

Sarang Larva Undur-Undur Darat/Tembukur

Setelah kita membaca tentang pengertian antara undur-undur dan larva undur-undur seperti di atas, maka jelas lah bahwa yang kebanyakan orang Jawa menyebutnya Tembukur adalah larva undur-undur, bukan undur-undurnya.

Fungsi Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur
  • larva undur-undur dapat berjalan mundur yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan musuh dan memudahkan tembukur dalam mengelabui/menangkap mangsanya.
  • memiliki sarang yang berbentuk corong. Sarang unik ini berfungsi untuk menjebak mangsanya
  • tembukur mampu merasakan getaran di sarangnya ketika ada musuh atau mangsa yang terjebak, hal ini mempermudah tembukur dalam mendapatkan mangsanya atau menghindar bersembunyi dari musuh.
  • memiliki rahang tajam yang ujungnya beracun, fungsinya untuk menghisap cairan tubuh mangsanya yang sebelumnya sudah diracuninya.
Cara Mencari/Menemukan/Mendapatkan Larva Undur-Undur Darat 

Apabila Anda ingin menemukan binatang yang berjalannya mundur ini sebnarnya sangat mudah. Tembukur masih dapat dengan mudah ditemukan di samping rumah ( khususnya di daerah Kabupaten Kebumen ). Ketika musim kemarau, di pinggiran rumah atau di samping pondasi rumah sering dijumpai beberapa kelompok sarang larva undur-undur. Khususnya jika di samping rumah yang tanahnya berpasir atau tanah ladu ( tanah berlebu ).

Cara menangkap binatang ini cukup dengan menggunkan jari kita, atau lebih mudah lagi pakai alat sederhana yakni dengan batang korek jes, lidi, ranting pohon, dan sebagainya, yang penting alatnya jangan terlalu besar. Gunakan alat tersebut untuk menggorek sarang tembukur secara perlahan agar larva undur-undur dapat kita tangkap hidup-hidup.

Cara Memancing Larva Undur-Undur Darat/Tembukur

Setelah Anda mendapatkan seekor larva undur-undur, selanjutnya ikat lah lehernya dengan menggunakan tali kecil seperti dengan menggunakan rambut atau dengan rami pohon pisang.

Pegang lah rami/jerami tersebut kemudian taruh lah tembukur yang terikat tadi tepat di dalam lubang sarang tembukur yang mau kita tangkap. Tunggu reaksi dari tembukur sasaran Anda, ada 3 kemungkinan mengenai aksi reaksi tembukur terikat dan tembukur sasaran :
  • larva undur-undur sasaran akan dengan sendirinya keluar dari sarngnya karena dirinya merasa ada getaran tanah di sarangnya tersebut
  • larva undur-undur terikat akan masuk ke sarang kemudian tembukur sasaran akan menggigitnya, saat itu lah kita tarik rami pengikat tembukur terikatnya
  • tembukur terikat masuk sarang tapi salah sasaran, sehingga saat rami kita tarik, larva undur-undur sasaran tidak ikut ketarik
He he, mancing larva undur-undur darat juga membutuhkan kesabaran seperti mancing ikan loh, akan tetapi jika kita menikmatinya bisa jadi akan menjadi hobi. Lucu juga ya hobi mancing tembukur.
Khasiat Undur-Undur dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Larva undur-undur telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit diabetes, stroke, darah tinggi, rematik. Cara pengobatannya cukup mudah yakni dengan menelan larva undur-undur yang telah dicuci, ditelan mentah-mentah saja. Bisa juga dengan cara memasukkan larva undur-undur ke dalam bungkus kapsul yang masih kosong. Jika Anda punya larva undur-undur yang cukup banyak, Anda bisa mengeringkannya dengan cara menjemurnya, setelah kering silakan masukkan ke dalam kapsul kosong.

Telanlah larva undur-undur 3 kali 2-3 ekor dalam setiap harinya. Insya Allah penyakit akan segera sembuh

Demikian tentang Ciri Khusus Larva Undur-Undur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat