Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Penting Ibu dalam Mendidik dan Membangun Karakter Anak

Peran Penting Ibu dalam Mendidik dan Membangun Karakter Anak_Tak bisa dipungkiri, keluarga merupakan pihak pertama yang mempengaruhi karakter anak sejak dini, bahkan hingga dewasa nanti. Bagaimana pola asuh keluarga yang diterapkan pada anak, akan membentuk perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari. Dan apapun itu, pastinya semua orangtua tentu menginginkan anak kesayangannya memiliki karakter positif sehingga masa depannya kelak lebih terjamin. Namun faktanya, karakter anak bermacam-macam, ada anak yang penurut, berbakti, cerdas, namun ada juga anak yang pembangkang.

Sejak Kapan Seharusnya Orangtua Mendidik Anak?
Memberikan pendidikan bagi anak untuk membentuk karakternya dimulai sejak anak dalam kandungan. Mengapa? Saat janin masih di dalam kandungan, seorang ibu memiliki kedekatan emosional dengan calon buah hati.

Segala pikiran dan tindakan yang dilakukan oleh orangtua, khususnya ibu akan terekam dalam otak anak. Oleh sebab itu, ketika seorang wanita tengah hamil, usahakan selalu berbicara, bertindak, dan memikirkan hal-hal yang positif pula.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang ibu yang sedang mengandung buah hatinya,  sebagai langkah awal dalam membentuk karakternya.

1. Mengajak Berbicara
Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa otak manusia telah terbentuk saat usia 3 bulan dalam kandungan.

Artinya, saat seorang ibu sedang mengandung, apapun yang mereka bicarakan akan terekam dalam otak anak.

Oleh sebab itu, mulailah mengajaknya berkomunikasi tentang hal-hal positif dengan janin yang dikandung.

Hal ini dapat membentuk kedekatan anak dengan Ibunya saat lahir nanti.

Bahkan, efek komunikasi yang diberikan Ibu saat anak dalam kandungan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak setelah dewasa.

2. Menjaga Perilaku
Perilaku ibu saat mengandung sangat berpengaruh terhadap tingkat laku anak setelah lahir. Oleh sebab itu, seorang ibu yang tengah mengandung perlu menjadi tingkat lakunya, agar kelak anak yang lahir memiliki tingkah laku yang baik pula.

3. Membacakan Doa
Membacakan doa kepada anak yang masih dalam kandungan kerapkali dilakukan oleh orangtua. Hal ini memang bisa dijadikan contoh, khususnya bagi Anda yang sedang mengandung.

Bacakanlah doa-doa suci untuk anak yang masih dalam kandungan atau perdengarkanlah  audio doa-doa bagi anak.

Seberapa pentingnya peran Ibu dalam mendidik dan membangun karakter anak?
Jawabannya: Sangat Penting! Orangtua, khususnya ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan membangun karakter anak.

Kedekatan emosi antara ibu dan anak menjadikan ibu sebagai sosok teladan bagi anaknya.

Segala bentuk perilaku seorang ibu, akan dijadikan teladan anaknya dalam bertingkah lagu ketika dewasa nanti.

Secara sadar atau tidak sadar, seorang anak akan merekam semua tindakan dan tingkahlaku ibunya saat ia masih kecil. Kemudian ketika dewasa nanti, anak akan memiliki sifat dan tingkahlaku seperti ibunya. Oleh sebab itu, seorang ibu hendaknya selalu melakukan hal-hal positif, sehingga yang terekam dalam otak dan jiwa anak adalah hal-hal yang positif pula.

Apa saja Peran Penting Ibu dalam Mendidik dan Membangun Karakter Anak?
Peran Penting Ibu dalam Mendidik dan Membangun Karakter Anak
Seorang ibu memiliki peran penting dalam mendidik dan membangun katakter anak yang positif.

Beberapa peran penting seorang ibu adalah sebagai berikut:
1. Menjadi Teman bagi Anak
Selain berperan sebagai seorang ibu yang memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak, Ibu juga berperan menjadi teman dan sahabat bagi buah hatinya. Seorang ibu hendaknya dapat menjadi tempat mencurahkan keluh kesah, tempat bercanda, dan menjadi pendengar yang baik bagi anaknya.

Ketika seorang ibu bisa menjadi tempat yang nyaman agi anaknya sendiri, maka akan akan merasa lega dan aman saat mereka mengalami kesulitan atau kesedian. Kedekatan ibu dan anak ini bisa membangun karakter positif dalam diri anak tentang keluarga. Bahwa keluargalah yang harus dijadikan tempat pelarian utama saat mereka mengalami masalah, sehingga anak tidak akan melakukan hal-hal negatif di luar sana.

2. Mengajarkan Konsekuensi dan Tanggung Jawab
Seorang ibu juga berperan penting dalam membangu karakter anak khususnya tentang tanggung jawab. Ibu handaknya mengajarkan kepada anak untuk bertanggung jawab atas perbuatan yang mereka lakukan. Apabila anak melekukan kesalahan, biarkan ia menjalani konsekuensinya sesuai kesalahan yang mereka lakukan.

3. Mengajarkan Pentingnya Berkomunikasi
Ibu berperan penting dalam menanamkan dalam diri anak tentang pentingnya berkomunikasi, khususnya dalam keluarga.

Sesekali, ajaklah anak-anak Anda untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga, untuk menciptakan komunikasi yang lebih dekat dan intim. Hal ini akan melatih anak untuk selalu mengomunikasikan suatu hal tentang keputusannya sebelum bertindak. Menciptakan kebiasaan saling berkomunikasi antarkeluarga, akan meminimalisir terjadinya kesalahanpahaman.

4. Menanamkan Kebiasaan Sehat
Peran penting seorang ibu selanjutnya yaitu menanamkan kebiasaan sehat dalam diri anak sejak dini. Kebiasaan sehat ini dapat berupa hal-hal positif yang harus dilakukan anak, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

5. Memberikan Ruang kepada Anak untuk Bersenang-senang dengan Teman-Temannya
Ada beberapa orang tua yang tidak mengizinkan anak pergi bersama teman-temannya. Misalnya orang tua yang selalu menyuruh anaknya untuk belajar di rumah, tanpa memberikan waktu untuk bermain di luar bersama teman-temannya. Apabila hal ini terus terjadi, justru akan berdampak buruk bagi pembentukkan karakter anak. Nantinya, anak akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungannya.

Oleh sebab itu, membangun karakter anak khususnya karakter positif dalam bersosialisasi, maka Anda perlu memberikan kebebasan bagi anak untuk bersenang-senang bersama teman sebayanya. Bersenang-senang yang dimaksud disini, tentunya masih dalam tahap yang wajar.

6. Menggali Potensi Diri Anak Sejak Dini
Penting bagi seorang ibu untuk mengetahui potensi yang dimiliki anak-anaknya. Dengan mengetahui potensi diri, orangtua akan mengetahui hal-hal apa saja yang harus mereka lakukan dan persiapkan untuk anaknya. Seorang ibu juga bisa membantu dan mengarahkan anak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

7. Memberikan Penguatan tentang Kekurangan yang Dimiliki Anak
Peran penting ibu dalam mendidik dan membangun karakter anak yang terakhir yaitu dengan memberikan penguatan tentang kekurangan yang dimiliki anak. Ada beberapa anak yang merasa minder ketika menyadari kekuranganya. Nah, dalam hal ini peran seorang ibu yang paling penting yaitu menumbuhkan kembali rasa percaya diri anak yang hilang. Buatlah anak untuk lebih fokus pada kelebihan yang ia miliki untuk mengembangkan bakatnya.

Demikian beberapa peran penting ibu dalam mendidik dan membangun karakter anak, sehingga dapat membentuk pribadi anak yang memiliki jiwa positif.  Semoga ulasan diiatas bermanfaat.