Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pilihan Beasiswa Kuliah di Jepang untuk Pelajar Indonesia

 Negeri sakura Jepang dikenal sebagai negara tujuan studi yang banyak dipilih oleh pelajar asal Indonesia. Banyak nama universitas besar yang berada di negara ini, selain itu keindahan tempat dan budaya masyarakat di negara ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun tentunya biaya akan cukup mahal, tapi tenang, siapa saja bisa mewujudkan mimpi berkuliah di sana lewat 6 pilihan beasiswa kuliah di Jepang berikut:

6 Pilihan Beasiswa Kuliah di Jepang untuk Pelajar Indonesia

1. Monbukagakusho

Program beasiswa pertama yang bisa membantu pelajar asal Indonesia berkuliah di Jepang yaitu Monbukagakusho atau disebut juga MEXT. Program beasiswa ini sangat populer bagi pelajar yang ingin berkuliah di Jepang. Kandidat yang lolos akan menerima bantuan dana pendidikan yang bersifat penuh. Biaya kuliah akan ditanggung sampai lulus dan mahasiswa masih mendapatkan dukungan biaya hidup.

Monbukagakusho bisa dimanfaatkan oleh para pelajar lulusan SMA maupun SMK. ini terbagi menjadi tiga jenis yakni college of technology khusus untuk mahasiswa teknik, undergraduate, dan specialized training college. Program ini telah membantu banyak pelajar Indonesia dan setiap tahunnya pihak Kedubes Jepang di Indonesia selalu membuka kesempatan bagi kandidat baru.

2. Mitsui Bussan

Pilihan beasiswa berikutnya yang bisa didapatkan pelajar Indonesia demi berkuliah ke Jepang adalah Mitsui Bussan. Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kemendikbud RI dengan Mitsui & Co, Ltd. Para pelajar lulusan SMA bisa mendaftarkan diri untuk mendapat dana bantuan pendidikan. Beasiswa yang didapat bersifat penuh, mulai dari uang kuliah, transportasi, akomodasi selama di Jepang, hingga uang saku. 

3. Ajinomoto

Pelajar Indonesia juga bisa menerima bantuan dana kuliah ke Jepang lewat program beasiswa Ajinomoto. Program beasiswa kuliah di Jepang Ajinomoto ini diberikan khusus bagi lulusan sarjana yang ingin mengambil jenjang master. Ada beberapa pilihan universitas yang bisa diambil oleh pelamar beasiswa di diantaranya adalah Universitas Kyoto dan Universitas Waseda.

4. Beasiswa Japanese Studies

Pilihan program selanjutnya yang bisa membawa pelajar dari Indonesia berkuliah di Jepang adalah beasiswa Japanese Studies. Beasiswa ini diserahkan kepada mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan tingkat sarjana di jurusan sastra Jepang. Program ini sebenarnya masih dalam cakupan beasiswa MEXT namun lebih spesifik lagi. Penerima beasiswa bisa melanjutkan kuliah sastra dan bahasa di Jepang sekaligus mempelajari kebudayaannya secara langsung.

5. LPDP

Siapa tak mengenal program beasiswa LPDP? Program dana bantuan pendidikan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia ini telah membawa banyak pelajar berkuliah di luar negeri. Pelajar asal Indonesia berpeluang melanjutkan program master dan doktor di negara lain dan salah satunya Jepang. Program ini bersifat beasiswa penuh dimana mahasiswa juga akan mendapat uang saku selama berkuliah.

6. Beasiswa Prefektur Aichi

Program beasiswa ini khusus disediakan oleh pemerintah di prefektur Aichi. Tidak hanya dapat diakses oleh pelajar dari Indonesia, namun juga dapat didapatkan oleh mahasiswa Asia lainnya. Dana pendidikan akan diberikan khusus untuk mahasiswa yang akan menempuh program pascasarjana di universitas yang lokasinya berada di prefektur Aichi. Namun, setelah lulus nanti mahasiswa diharapkan bisa berkontribusi dalam perkembangan dan pembangunan prefektur Aichi di Jepang.

Itulah 6 program beasiswa kuliah di Jepang yang dapat diakses oleh pelajar asal Indonesia. Semua pelajar memiliki peluang yang sama untuk menuntut ilmu di negara ini. Jangan ragu dan segera persiapkan diri untuk mengajukan lamaran beasiswa serta memenuhi semua persyaratan dokumen yang diminta.