Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Beasiswa Kuliah di Australia dengan Pembiayaan Hingga 100 Persen

 Tak mau kalah dengan negara maju, kini banyak orang yang memimpikan berkuliah di luar negeri sebagai upaya memajukan bangsa Indonesia. Tak terkecuali Australia yang  sering menjadi tujuan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mahasiswa dari Indonesia. Banyak akses mudah untuk mendapat beasiswa kuliah di Australia sebagai pendukung dalam mewujudkan impian. 

5 Beasiswa Kuliah di Australia dengan Pembiayaan Hingga 100 Persen

Kemudahan yang ditawarkan dari Australia dengan deretan universitas terbaik kelas dunia tentu sayang untuk dilewatkan. Tak kalah saing dengan universitas top di negara lain, sudah banyak mahasiswa internasional yang berlabuh kesana untuk menimba ilmu. Berikut ini lima program beasiswa di negeri kangguru yang bisa dijadikan pertimbangan :

1. Beasiswa Macquarie University Melalui Australia Scholarship Program

Mahasiswa dari negara asia tenggara patut bersyukur karena program ini diperuntukan khusus warga ASEAN terutama program Sarjana dan Master Coursework. Besaran dana sekitar 10.000 dolar Australia atau Rp 103,8 juta diberikan tiap tahunnya. 

Nominal tersebut akan sangat membantu meringankan beban biaya kuliah, apalagi ada perbedaan nilai uang dengan Indonesia. Berdasarkan catatan QS World University Rankings pada 2021, universitas ini meraih gelar sebagai top 214 terbaik di tingkat dunia. 

Terbukti dengan banyak lulusan profesional yang diakui serta paling dicari di dunia. Pilihan program pendidikan yang tersedia diantaranya jurusan teknik, seni, bisnis, kesehatan, teknologi dan lainnya.

2. AIUS Kembali Hadir dengan Beasiswa

AIUS atau Adelaide International Undergraduate Scholarships menawarkan kembali beasiswa kuliah di Australia untuk mahasiswa seluruh dunia. Jenis beasiswa yang bersifat tahunan ini memiliki nilai yang cukup banyak untuk menunjang biaya pendidikan. Salah satu perguruan tinggi ternama Australia ini mampu menghasilkan mahasiswa unggul kelas dunia.

University of Adelaide memberi beasiswa untuk jurusan pertanian, hukum hingga keguruan dengan jenjang sarjana maupun pasca sarjana. Kuota yang tersedia tidak banyak, hanya 40 orang mahasiswa internasional untuk setiap tahunnya. Besaran potongan yang akan didapat ialah 25 persen dari biaya kuliah per tahun sampai masa pendidikan berakhir.

3. AAS, Beasiswa Bergengsi dari Pemerintah Australia

Australian Academic Scholarship ini memberi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan, membuat penelitian hingga mengembangkan diri sebagai profesional. Beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa internasional yang akan melanjutkan jenjang pendidikan S2 atau S3.

Termasuk dalam jenis beasiswa long term, dimana mulai tahap persiapan hingga lulus seluruhnya akan ditanggung pihak pemerintah. Namun, setelah 2 hingga 4 tahun proses pendidikan, semua penerima beasiswa wajib kembali ke negara asalnya untuk berkontribusi sesuai kemampuan yang diperolehnya. 

Sebagai tambahan informasi, jika mendaftarkan diri pada tahun 2020 maka  perkuliahan akan dimulai tahun depannya. Hal ini dikarenakan perlu satu tahun untuk tahap persiapan sebelum diberangkatkan kesana.

4. Melbourne International Undergraduate Scholarships Memberi Pembiayaan hingga 100 %

Potongan biaya kuliah ini diberikan pada mahasiswa internasional yang memiliki prestasi tinggi sebagai merupakan apresiasi atas pencapaian hasil akademiknya. Selain menawarkan remisi biaya hingga 100 persen atau 56.000 dolar, beasiswa diberlakukan untuk semua pilihan program study. Tidak juga membutuhkan aplikasi khusus karena bukti prestasi yang dicantumkan secara otomatis akan mempertimbangkan.

5. Curtin University Memberi Kesempatan Mahasiswa Seluruh Dunia

Bagi pelajar seluruh dunia yang memenuhi syarat bersiaplah untuk mengejar ambisi dengan pendidikan kelas dunia melalui Curtin International Scholarship. Beasiswa diskon 25 persen dari pembayaran biaya kuliah ini berlaku bagi mahasiswa dengan kewarganegaraan mana pun selain Australia. Mulai dari fakultas ilmu kesehatan hingga hukum baik program sarjana atau pun pascasarjana.

Itulah lima beasiswa kuliah di Australia yang dapat dipertimbangan untuk mengenyam jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apabila berminat, persiapkan sebaik mungkin dengan menyesuaikan universitas tujuan serta jurusan yang akan dipilih. Sudah saatnya membuat langkah kecil terlebih dahulu dengan menggali informasi terbaru dari sumber yang resmi.