Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Kuliah di Turki Tahun 2021, Jangan Lewatkan Keuntungan yang Ditawarkan

 Beasiswa yang memberikan kesempatan beasiswa bagi seluruh mahasiswa internasional telah dibuka oleh pemerintah Turki. Peluang mengenyam pendidikan dengan beasiswa kuliah di Turki ini terbuka lebar bagi siapa saja untuk melanjutkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Biasanya Turki memang menjadi tujuan dari banyak pelajar seluruh dunia tak terkecuali negara Indonesia.

Beasiswa Kuliah di Turki Tahun 2021, Jangan Lewatkan Keuntungan yang Ditawarkan

Meski demikian, kompetisi dalam program ini sangat terasa di antara mahasiswa berprestasi yang berminat dengan serangkaian tahap seleksi. Kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri  tersebut tak boleh disia-siakan begitu saja. Simak ulasan berikut ini mengenai keuntungan yang akan didapatkan dari Türkiye Scholarships  :

1. Menawarkan Beasiswa pada Tiga Jenjang

Jenis beasiswa yang diberikan hingga masa pendidikan berakhir (3 atau 4 tahun) meliputi undergraduate scholarship dan postgraduate scholarship. Baik jenjang sarjana maupun master tersedia mulai dari jurusan sosial, hukum, sains hingga teknik. Perlu diketahui beasiswa tidak tersedia bagi yang mencari program spesialis kedokteran.

Sementara itu, ada Art Scholarship yang juga memberi beasiswa pada semua jenjang perkuliahan.  Semua mahasiswa internasional dapat memilih jurusan seni baik music, rupa atau pertunjukkan.  Pendidikan dengan jurusan tersebut bisa ditempuh melalui salah satu universitas yakni Ankara University Music and Art of Fine.

2. Seleksi Berbasis Sistem Tunggal

Menariknya, bagi pelamar program ini tak perlu kesusahan dalam pengajuan serta pendaftaran di universitas tujuan. Sebab formulir yang disediakan memberi kemudahan akses sehingga sekaligus mendaftar di universitas yang diminati. 

Pasalnya pihak penyelenggara telah menggunakan sistem tunggal dimana pengumuman penerimaan bersamaan dengan universitas pilihannya. Kata lainnya, program tersebut sekaligus menempatkan calon mahasiswa ke universitas bagi yang berhasil lolos. 

Selain itu, memberi kesempatan untuk memilih 12 perguruan tinggi beserta departemen tujuannya. Hal ini membuka peluang besar bagi pelamar sehingga tidak hanya sekedar stuck di satu pilihan.

3. Remisi Biaya Mencakup Biaya Kursus Bahasa

Diketahui memang sebagian besar jurusan disana menggunakan bahasa Turki  selama proses pembelajaran, meski ada beberapa yang disertai bahasa pengantar seperti english, arabic atau french.  Hal pasti dibutuhkan ialah sertif TOEFL atau IELTS sebagai bukti mampu berbahasa inggris yang berlaku internasional. 

Pasalnya, ketika berhasil lolos ke tahap wawancara sertifikat tersebut juga menjadi salah satu prasyarat. Selama masa pendidikan berlangsung menggunakan bahasa Turki setiap harinya, maka dari itu akan sulit jika tidak menguasai bahasa tersebut. 

Oleh karena itu, program ini menyediakan kursus bahasa selama satu tahun sebelum diberangkatkan dan mulai berkuliah. Hal ini ditujukan untuk memfasilitasi para calon mahasiswa agar proses perkuliahan berjalan lancar.

4. Besar Tunjangan Bulanan Cukup Besar

Remisi biaya jenjang S1 yang diberikan sebagai beasiswa kuliah di Turki besarannya 800TL atau 1,5 juta rupiah tiap bulannya. Sementara S2 sebesar 1.100TL atau setara 2 juta rupiah dan S3 sebanyak 1600TL atau 3 juta rupiah tiap bulannya. Tak hanya itu, biaya perkuliahan, tiket pesawat, asuransi kesehatan, kursus bahasa hingga akomodasi juga tercakup di dalamnya.

5. Persyaratan yang Harus Dipenuhi Cukup Mudah

Persyaratan dalam pendaftaran program ini cukup mudah dipenuhi, terutama syarat warga negara selain Turki. Adapun para pendaftar tidak boleh menjadi mahasiswa pada jenjang pendidikan sama di salah satu Universitas Turki. Kriteria nilai untuk S1 minimal 70 sedangkan S2 dan S3 minimal 75, berbeda dengan program farmasi atau kedokteran minimal nilai 90.

Itulah lima ulasan mengenai keuntungan beasiswa kuliah di Turki untuk dijadikan bahan pertimbangan memilih program pendidikan di luar negeri. Program yang terbuka untuk mahasiswa seluruh dunia asalkan memenuhi syarat. Langkah ini bisa menjadi awal mula untuk memulai mengembangkan potensi di dalam diri.