Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Masuk STAN 2021 Secara Umum

 Saat ini ikatan dinas pada bidang akuntansi masih menjadi favorit semua kalangan masyarakat di Indonesia. Pasalnya bersekolah di sini akan mendapatkan fasilitas pendidikan secara gratis. Adapun syarat masuk STAN 2021 yang bisa dijadikan sebagai masukan dalam persiapan diri menuju jenjang pendidikan yang menjanjikan, antara lain:

Syarat Masuk STAN 2021 Secara Umum

1. Sehat Jasmani dan Rohani

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam menempuh pendidikan di sini. Seseorang yang melanjutkan studi di sini harus tidak pernah menggunakan narkoba dan sejenisnya. Tidak hanya itu, kondisi badannya juga mampu melaksanakan serangkaian kegiatan yang memakan cukup banyak energi. Kebugaran tubuh baik pria maupun wanita diperlukan di sini.

Hal lain berkaitan dengan persyaratan ini yaitu mempunyai kemampuan dalam melihat serta mendengar dengan baik. Bisa juga melaksanakan segala aktivitas yang berhubungan dengan analisis. Kemudahan dalam menanggapi berbagai hal yang terjadi dan berpikir dengan jernih dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

2. Belum Menikah

Pada ketentuan belum menikah berlaku untuk pria dan wanita yang ingin berada pada tempat ini. Hal ini menunjukkan bahwa siapa saja yang sudah pernah terlibat dalam pernikahan tidak dapat bergabung untuk mendapatkan pendidikan di sini. Tapi bukan berarti nantinya tidak boleh menikah selamanya setelah dinyatakan lolos.

Jadi, ada peraturan yang mana dilarang untuk menikah ketika ikut serangkaian pendidikan yang dilaksanakan oleh STAN. Apabila telah mengikuti semua prosedur yang diberikan tanpa menyalahi aturan nantinya akan ada saat diperbolehkan untuk menikah. Pentingnya mematuhi segala aturan yang dibuat guna mencapai tujuan yang diharapkan.

3. Usia

Pada bagian umur perlu dicermati, karena tidak boleh terlalu muda atau lebih tua meskipun hanya satu hari. Ketika memilih Diploma I, terdapat batasan usia paling kecil 17 tahun dengan umur maksimalnya 20 tahun. Ketepatan umur bisa disesuaikan saat turunnya pengumuman resmi dari pihak STAN.

Hal ini berarti peserta didik tingkat SMA harus rajin memeriksa situs resminya, supaya memperoleh informasi yang valid. Berbeda lagi jika mengambil Diploma III, minimalnya usia 15 tahun sudah dapat mendaftar, namun paling tua tetap berusia 20 tahun. Mempersiapkan diri sejak dini itu lebih penting, agar mempunyai peluang lebih besar.

4. Memenuhi Kriteria Penilaian 

Adanya aturan nilai tertentu sudah menjadi syarat masuk STAN 2021 dan wajib untuk dipahami. Pertama, jika pendaftar merupakan lulusan pada tahun 2018 beserta tahun sebelum mempunyai rata-rata ujiannya sekitar 70. Angka tersebut tidak merupakan pembulatan angka di bawahnya.

Berbeda lagi dengan keluaran dari 2019 serta setelahnya, menggunakan nilai 5 semester dengan rata-rata tak boleh membawahi dari 70. Mulai dari semester genap serta ganjil yang dimaksudkan kelas 10 sampai 11 beserta 12 semester ganjil saja. Apabila menggunakan skala 4 ini tidak diperkenankan dibawah 2,8.

5. Setor Biaya Pendaftaran

Besaran uang yang dikeluarkan untuk membiayai pendaftaran ini adalah 300 ribu rupiah. Jumlah uangnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 yang bertujuan saat melaksanakan Seleksi Kemampuan Dasar.

Jadi tidak ada keringanan dalam pembiayaan tahap awal mendaftar pada tempat ini. Pada saat menjadi bagian pada tempat ini, semua biaya yang dikeluarkan akan terbayarkan. Perjuangan ketika pada di sini tak akan sia-sia, karena jaminan kerjanya mengesankan.

Demikian uraian singkat mengenai syarat masuk STAN 2021 dapat dijadikan sebagai referensi dalam memasuki sekolahan ini. Latihan fisik juga diperlukan supaya bisa lolos hingga menjadi bagian dalam perguruan tinggi ikatan dinas ini. Jadi tetap harus fokus dan imbang dalam mengatur diri, sehingga mampu lolos dan bergabung ke STAN.