Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Belajar SBMPTN agar Diterima di Kampus Impian

 Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri disingkat SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi yang bisa ditempuh agar bisa berkuliah di perguruan tinggi. Jalur seleksi ini menggunakan metode ujian tertulis dan persaingannya sangatlah ketat. Berikut akan dibahas beberapa tips belajar SBMPTN yang efektif agar siap menghadapi ujian dengan lancar:

7 Tips Belajar SBMPTN agar Diterima di Kampus Impian

1. Buat Jadwal

Coba buatlah susunan jadwal belajar untuk mempermudah penguasaan materi dan persiapan diri menghadapi ujian. Tentukan waktu yang tepat, kapan harus belajar materi dan berlatih soal. Tandai dulu tanggal atau hari H pelaksanaan ujian lalu perhitungkan berapa sisa hari yang dimiliki untuk persiapan. Pastikan setiap hari menuju hari ujian ada jadwal belajar yang harus diselesaikan.

2. Latihan Soal

Demi mendapatkan kesiapan yang matang, maka cobalah belajar tepat pada sasaran. Jangan terlalu banyak mengulang materi tapi coba langsung mengerjakan soal. Semakin banyak berlatih mengerjakan soal, maka semakin siap pula untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya. Latihan soal yang paling efektif adalah dengan mengerjakan soal-soal dari ujian SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya. Ini akan sangat membantu memahami karakter soal yang biasa keluar saat SBMPTN.

3. Ikut Bimbingan

Jika merasa terlalu sulit belajar sendiri maka  bergabunglah dengan program bimbingan. Ikutilah program yang bisa membimbing menghadapi ujian SBMPTN. Saat ini berbagai lembaga bimbingan belajar menyediakan kelas khusus bagi pelajar yang akan mengikuti seleksi universitas. Program belajar yang akan dijalani juga pasti lebih terarah dan fokus untuk persiapan masuk kampus.

4. Jalani Uji Coba

Uji kemampuan diri sendiri dengan mengikuti try out. Latihan ujian ini bisa juga menjadi ajang bagi pelajar untuk memahami sejauh apa kesiapan yang dimiliki. Lewat try out, pelajar juga bisa jadi mendapatkan gambaran seperti apa suasana dan metode ujian yang akan dijalani nanti. Jika sudah mendapat gambaran yang tepat maka mental juga akan semakin siap menghadapi ujian yang sesungguhnya.

5. Jauhi Distraksi

Konsentrasi belajar seringkali terganggu akibat adanya banyak distraksi. Jenis distraksi itu sendiri juga bervariasi mulai dari handphone, media sosial, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin cobalah untuk menjauhkan diri dari beragam jenis distraksi tersebut. Paling tidak selama jadwal belajar, semua bentuk distraksi dijauhkan agar tidak mengganggu fokus saat memahami semua materi ujian.

6. Evaluasi Diri

Sangat penting bagi pelajar untuk mampu mengevaluasi diri. Setiap satu atau dua minggu sekali bisa dilakukan evaluasi. Langkah ini dilakukan untuk menilai apa yang masih menjadi kekurangan dan apa yang sekiranya menjadi kekuatan seseorang. Dari sinilah bisa diketahui kendala macam apa yang dialami sehingga bisa dicari solusi terbaik. Rajin melakukan evaluasi mandiri juga akan membuat kamu bisa bekerja maksimal saat mengerjakan ujian.

7. Istirahat yang Cukup

Jangan belajar terus tapi luangkan waktu juga untuk istirahat sejenak. Inilah mengapa penting untuk mengatur jadwal agar tidak keteteran dan masih ada waktu beristirahat. Meskipun terkesan sepele, namun cukup tidur sangat membantu memulihkan kembali semangat dan konsentrasi. Jangan sampai terlalu semangat belajar hingga mengorbankan waktu tidur dan malah kelelahan saat hari H ujian tiba.

Itulah beberapa tips belajar SBMPTN yang perlu diterapkan. Ujian seleksi perguruan tinggi ini memang sulit untuk dihadapi. Jumlah pesaing yang begitu banyak ditambah tingkat kesulitan soal yang cukup tinggi harus dihadapi. Tidak sembarang pelajar bisa melewati ujian tersebut, jadi persiapkan diri sebaik mungkin dan jangan sia-siakan kesempatan ini.