Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Mudah Masuk IPDN 2021 Melalui SSCASN

 Pada saat melakukan pendaftaran pada institut pemerintahan ini akan melalui beberapa cara yang cukup panjang. Sebelum memulai pendaftaran sebaiknya mempersiapkan dokumen yang diperlukan agar berjalan dengan lancar. Berikut ini dijelaskan cara masuk IPDN 2021 yang berguna sebagai pijakan sehingga mempermudah setiap langkah yang ada, diantaranya:

Ketahui Cara Mudah Masuk IPDN 2021 Melalui SSCASN

1. Buat Akun SSCASN

Siapkan berkas-berkas dalam pembuatan akun ini, sehingga cepat terselesaikan. Adapun data yang dipakai terdapat pada KTP dengan kartu keluarga. Langkah awal saat daftar yaitu membuka situsnya diktin.bkn.go.id serta menunggu sampai keluar tampilan menunya. Apabila sudah muncul, selanjutnya tekan tombol registrasi.

Ada perintah memasukkan nomor KTP serta KK, jadi diisi sesuai kebutuhan dengan teliti supaya tak terjadi kesalahan. Kemudian melengkapi seluruh data-data yang ada dengan benar disesuaikan keadaannya. Jangan lupa siapkan juga foto yang berpenampilan rapi, karena tahap akhir memerlukan ini. Apabila semua tahap dilalui bisa menekan lanjutkan sampai cetak kartu.

2. Masuk Portal SSCASN

Saat berada di sini, pastikan semua data pada akun yang dibuat sebelumnya sudah benar serta tidak ada yang dimanipulasi. Pendaftar bisa memasukan NIK beserta kata sandi yang telah dibuatnya. Ketika halaman sudah terbuka, lanjutkan dengan memilih sekolah kedinasan IPDN sebagaimana tujuan awal pembuatan akun.

Lengkapi semua persyaratan yang ada dengan ketentuan yang berlaku. Sebagaimana foto yang diambil secara selfie dengan menggenggam KTP beserta kertas akun miliknya. Perhatikan baik-baik format pada foto yang diupload, karena kesalahan format dan ukuran tidak dapat diunggah pada laman itu.

3. Pilih Formasi

Tahapan ini yang paling ditunggu-tunggu karena bagian yang paling penting dari sederet tahapan yang ada. Berawal dari memilih sekolah beserta formasi yang diminati. Selanjutnya melengkapi semua data diri, sebagaimana riwayat pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Kelengkapan dokumen tersebut terperinci dan harus teliti saat pengisiannya. Tidak boleh ada yang kosong, semuanya terisi penuh dan detail. Hal ini untuk mempermudah identifikasi dari pendaftarnya. Jangan ragu ketika mengisi berkas yang diberikan. Semua yang ada di situ tersimpan dengan aman serta takkan ada pembocoran, jadi aman.

4. Mengisi Nilai dan Biodata

Penilaian yang dipakai di sini adalah yang terakhir pada hasil rapor yang diberikan. Baca petunjuk pengisian dengan teliti supaya tidak menimbulkan kesalahan yang fatal. Hal ini karena setiap lembaga memiliki aturan yang berbeda-beda dalam pengisian formulirnya.

Apabila bagian sebelumnya sudah terisi dengan baik, lengkapi bagian biodata tanpa terlewatkan satu pun. Perhatikan sungguh-sungguh setiap penulisan yang dibuat agar sama dengan kenyataan, jangan dibuat-buat. Terdapat dua data yang bisa diisi berpegangan berkas yang telah disiapkan untuk bantu proses ini.

5. Pengunggahan Dokumen Beserta Resume

Tahapan ini dapat dikatakan bagian akhir dari cara masuk IPDN 2021 yang cukup rumit untuk diselesaikan. Pastikan kembali format dan ukuran setiap file sesuai dengan yang diminta oleh situsnya, tidak boleh kelebihan maupun kekurangan pada ukurannya. Supaya lancar saat mengunggahnya.

Tidak cuma itu, gunakan jaringan internet yang lancar, agar proses yang dikerjakan berjalan tanpa berhenti tiba-tiba. Langkah akhir yaitu resume yang bisa dilakukan untuk memeriksa semua dokumen yang diunggah sudah benar tanpa ada hal yang menjanggal. Lalu tekan OK untuk mengakhiri semua proses yang sudah berlangsung.

Demikian penjelasan secara rinci yang memuat cara masuk IPDN 2021 dengan mudah. Artikel ini dapat menjadi acuan dalam memperoleh informasi yang tepat guna persiapan memasuki institut yang diinginkan. Pengetahuan ini bisa menjadi bekal yang bermanfaat kedepannya ketika melakukan pendaftaran.