Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Universitas Swasta Terbaik di Jogja, Ketahui Lebih Jauh Sebagai Referensi

 Pendidikan menjadi faktor penting untuk mencetak penerus bangsa yang lebih baik. Bicara mengenai pendidikan tinggi, banyak orang bingung untuk memilih universitas yang dianggap terbaik. Untuk membantu memilih universitas unggulan, inilah beberapa universitas swasta terbaik di Jogja yang bisa menjadi referensi:

Deretan Universitas Swasta Terbaik di Jogja, Ketahui Lebih Jauh Sebagai Referensi

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Bicara mengenai universitas swasta terbaik di Jogja, tidak tepat jika tak menyebutkan UMY. Kampus terpadu terbaik di Yogyakarta ini juga telah terakreditasi A berdasar pada keputusan BAN PT secara institusi. Sebagai perwujudan terhadap penerapan program studi yang unggul, UMY telah banyak menciptakan lulusan berkualitas.

Tidak hanya itu, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Universitas yang terletak di perbatasan Jogja dan Sleman ini telah aktif mengirimkan setidaknya 20 sampai 30 tenaga pendidik untuk diikutsertakan untuk program pendidikan lanjutan seperti S2 dan S3 yang dikirim ke dalam hingga luar negeri.

2. Universitas Islam Indonesia

UII tergolong universitas tertua di Indonesia, sehingga dalam penerapannya universitas ini terus berupaya memberikan pelayanan sistem pendidikan yang unggul. Pendidikan berlatar belakang islami coba ditunjukkan untuk membentuk pribadi pelajar dalam penerapan kehidupan yang bermartabat.

Dalam universitas ini pelajar bisa memilih 8 Fakultas yang ditawarkan serta 1 program studi internasional. Kini Universitas Islam Indonesia telah masuk jajaran universitas terbaik di Yogyakarta. Hal ini juga dikuatkan dengan akreditasi dari program pendidikan dengan peringkat A yang diberikan BAN PT.

3. Universitas Ahmad Dahlan

Berdiri sejak 1993, UAD membuktikan kejayaan dan kualitas kampus yang mumpuni untuk program pendidikan. Selain sertifikat dengan akreditasi A  Universitas Ahmad Dahlan telah membuka program penerimaan beasiswa untuk calon pelajar.

Untuk mendapatkan kesempatan beasiswa ini, calon pendaftar harus menyertakan nilai akademik serta prestasi kejuaraan yang diperoleh. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung mengakses situs resmi dari Universitas Ahmad Dahlan yakni di https://pmb.uad.ac.id/beasiswa/

4. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma atau biasa disebut USD adalah sebuah universitas katolik yang ada di Jogja. Disini terdapat 8 Fakultas diantaranya 26 program studi S1, kemudian S2 serta 3 program pendidikan khusus bersertifikat. Bicara mengenai sejarah, USD telah melewati beberapa fase. Dari berdiri di tahun 1955 dengan nama PTPG Sanata Dharma.

Kemudian berganti IKIP Sanata Dharma di tahun 1958 sampai 1965. Hingga pada akhirnya bernama Universitas Sanata Dharma sejak tahun 1993 hingga saat ini. Dengan peningkatan kemajuan dan perkembangan ini, diharapkan USD menjadi sebuah wadah sistem pendidikan unggul dalam mencetak generasi penerus yang lebih berkualitas.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas ini didirikan secara swasta oleh yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta di 1965. Beberapa program fakultas yang bisa diikuti di UAJY ialah Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Hukum dan Program Magister.

6. Universitas Kristen Duta Wacana

Sebagai salah satu universitas terbaik di Jogja, Duta Wacana menjadi jawaban telak atas semua pengharapan warga umat kristen dalam pelayanan pendidikan tinggi yang disetarakan universitas. Sejak berdiri pada tahun 1985, Universitas Duta Wacana semakin mendapat pengakuan pemerintah. 

Terdapat beberapa program Fakultas  pendidikan dan 1 program pendidikan bahasa Inggris. Tidak hanya itu, terdapat pula program beasiswa talenta untuk siswa berprestasi.

Secara keseluruhan, semua universitas yang tersebut diatas semuanya baik. Namun beberapa calon mahasiswa tentu memiliki kecondongan tertentu pada bidang pelajaran dan pendalaman ilmu. Meski untuk beberapa diantaranya memerlukan seleksi yang cukup ketat untuk bisa masuk. Itulah universitas swasta terbaik di Jogja. Semoga bisa menjadi pertimbangan saat dilema memilih sebuah universitas.