Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Ini Cara Masuk PTN 2021 Dan Tips Lulus Seleksinya

 Bagi pelajar lulusan SMA atau SMK yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, informasi terkait cara masuk PTN 2021 penting untuk diketahui. Beberapa cara dapat ditempuh agar bisa lulus di PTN impian. Cara itu biasanya terbagi menjadi tiga.

Simak! Ini Cara Masuk PTN 2021 Dan Tips Lolos seleksinya


A. Cara Penerimaan PTN

Rata-rata kampus di Indonesia menggunakan ketiga jalur ini untuk merekrut mahasiswanya. Meski begitu, banyak yang sebenarnya masih bingung mengenai cara masuk di PTN.  Berikut tiga cara untuk bisa diterima di PTN:

1. SNMPTN

Cara yang pertama yakni melalui jalur SNMPTN atau seleksi yang diadakan secara nasional untuk masuk PTN, cara  ini juga biasa disebut sebagai seleksi lewat undangan. Cara ini biasanya diadakan langsung oleh pemerintah lewat panitia pusat yang terpilih.

Ada perbedaan tahap penyelenggaraan pada seleksi undangan tahun ini. Para peserta harus terlebih dulu lolos di peringkat yang diadakan dari sekolah. Peringkat ini dihitung berdasarkan nilai-nilai tertentu. Setelah lolos pemeringkatan sekolah, para pelajar baru daftar cara ini.

Sedangkan pada penentuan prodi, terdapat aturan yang harus dipatuhi. Tiap pelajar atau pelajar SMA/SMK dapat menentukan dua prodi di PTN tertentu. Jika menentukan dua sekaligus, maka satu prodinya harus ada di provinsi sesuai dengan lokasi sekolah menengahnya. Sementara itu, bila memilih satu prodi maka PTN dapat ditentukan di mana pun.

2. SBMPTN

Cara masuk PTN 2021 selanjutnya lewat jalur SBMPTN. Cara ini adalah tes bersama yang diadakan pemerintah pusat. Seorang pelajar harus memiliki nilai tes ketika akan memilih cara ini. Jalur ini cukup banyak menerima mahasiswanya yaitu 40 persen dari daya tampung sebuah kampus.

Pada 2021 ini, para siswa yang lolos undangan maka tidak diizinkan untuk ikut ujian di tes tulis bersama, hal ini dimaksudkan supaya para pelajar dapat memperoleh peluang mengikuti seleksi di program ini.

Pada 2021 ini, para siswa yang lolos undangan maka tidak diizinkan untuk ikut ujian di tes tulis bersama, hal ini dimaksudkan supaya para pelajar dapat memperoleh peluang mengikuti seleksi di program ini. Tak hanya lulusan 2021, pelajar yang lulus dua tahun sebelumnya juga masih mempunyai peluang di seleksi PTN dengan  menggunakan jalur ini. Prodi yang dapat dipilih oleh para pelajar yakni dua prodi di PTN tertentu atau setiap prodi di PTN yang berbeda.

3. Seleksi dari PTN

Selanjutnya adalah jalur seleksi dari PTN yang diadakan secara independen. Biasanya jalur  mandiri diadakan setelah ujian bersama selesai. Untuk penyelenggaraannya tidak dilaksanakan oleh pemerintah pusat, melainkan dari pihak kampus sendiri.

Tiap perguruan tinggi negeri juga punya kriteria yang berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan. Ada kampus negeri yang menggunakan nilai rapor saja untuk jalur seleksi mandirinya. Ada juga yang menggunakan hasil nilai UNBk siswa yang tidak diterima di jalur ini.

Selain itu, ada juga kampus negeri yang mengadakan tes tulis sendiri dengan soal yang telah disiapkan oleh pihak panitia kampus. Meski begitu, cara ini termasuk mahal di antara kedua jalur sebelumnya.

B. Tips Lulus Seleksi Masuk PTN

Sebenarnya tidak ada cara khusus agar bisa lulus PTN. Cara yang digunakan oleh para siswa SMA atau SMK rata-rata sama yaitu dengan belajar sendiri mungkin dan sebaik mungkin. Namun, terkadang ada beberapa hal kecil yang sering kali dilupakan. Adapun tips yang harus diperhatikan oleh para siswa, berikut ulasannya:

1. Perhatikan Kuota Prodi Pilihan

Terkadang para siswa abai akan hal ini. rata-rata mereka akan memilih prodi kesukaannya tanpa memikirkan berapa jumlah kuota yang disediakan. Padahal, semakin sedikit jumlah kuota yang disediakan maka semakin banyak pula para pesaingnya. Jadi, penting untuk memperhatikan hal ini.

2. Perhatikan Jumlah Pendaftar di Tahun Sebelumnya

Dengan mengetahui jumlah pendaftar pada prodi tertentu di tahun sebelumnya, maka secara tidak langsung dapat diketahui pula tingkat keketatannya. Jika kuota prodi sedikit dan jumlah pendaftar banyak, maka persaingannya pun akan semakin ketat. Pahami hal ini supaya jurusan yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan.

3. Pastikan Tahu Bidang di Prodi Itu

Tidak dianjurkan menentukan prodi meski tidak tahu pasti bidang apa yang akan dipelajari di prodi tersebut. Para pendaftar cenderung memilih sembarangan sebuah prodi tanpa mengetahui seluk beluknya, sehingga sering kali muncul penyesalan yang timbul di kemudian hari.

Nah, itu tadi cara masuk PTN 2021 yang perlu untuk diketahui. Ada juga tips bagi para siswa SMA atau SMK yang hendak menentukan kampus tertentu. Pastikan, informasi di atas menjadi poin penting sebagai catatan. Jangan pantang menyerah para pejuang PTN!.