Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Universitas Luar Negeri yang Menyediakan Beasiswa Kuliah Secara Rutin

 Menempuh studi lanjutan ke mancanegara, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi, banyak universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa dari berbagai program. Sekolah di mancanegara bukan lagi sekadar angan-angan. Perguruan-perguruan tinggi di mancanegara yang menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswanya di antaranya:

5 Universitas Luar Negeri yang Menyediakan Beasiswa Kuliah Secara Rutin

1. Oxford University

Namanya tersohor sebagai salah satu kampus favorit di Inggris. Universitas di belahan Inggris ini menawarkan beasiswa mulai dari jenjang sarjana, magister, hingga doktoral. Program beasiswa ini pun biasanya ditawarkan untuk calon mahasiswa yang berasal dari negara-negara berpenghasilan rendah.

Salah satu tawaran beasiswa di Oxford University adalah ‘Reach Oxford’ untuk jenjang S1. Bukan hanya biaya kuliah, beasiswa ini juga mengakomodir biaya hidup dan juga biaya untuk pulang ke negara asal sekali setahun.

2. University of East Anglia

Masih dari negara Inggris, ada beasiswa S1 dan S2 untuk program PhD atau M.Phil di University of East Anglia. Bagi calon mahasiswa yang memang menggemari ilmu filsafat, tampaknya pilihan beasiswa ini cocok untuk diburu.

Terletak di Kota Norwich, kota yang terkenal aman bagi pelajar internasional, universitas ini menawarkan potongan biaya kuliah hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Persyaratannya pun tidak terlalu jauh dengan persyaratan beasiswa pada umumnya, yaitu nilai akademik dan tes Bahasa Inggris yang mencukupi.

3. National University of Singapore

Dari negara tetangga, universitas ternama yang menawarkan potongan biaya untuk studi lanjutan yaitu National University of Singapore (NUS). Perguruan tinggi ini bukan hanya bergengsi di ‘Negeri Singa’, tetapi juga tersohor di dunia. Bahkan, NUS tercatat sebagai universitas yang mendukung program Singapore Smart Nation.

Beberapa jurusan di NUS yang bisa menjadi pilihan untuk studi lanjutan antara lain Engineering, Geography, Statistic and Operational Research, dan juga Pharmacy and Pharmacology. Tak perlu ragu untuk melangkahkan kaki ke NUS, karena perguruan tinggi ini mencatatkan prestasi fantastis, yaitu peringkat 11 dunia berdasarkan pemeringkatan terbaru Tahun 2021.

4. Utrecht University

Nama Utrecht University pasti akrab di telinga mahasiswa Fakultas Hukum. Belanda memang kerap menjadi tujuan sekolah lanjutan untuk jurusan ilmu hukum dan turunannya. Universitas ini, terkenal juga sebagai kampus dengan perpustakaan super besar di dalamnya.

Dengan fasilitas yang luar biasa lengkap, menjadi penerima beasiswa di universitas ini tentu bukan main membanggakannya. Selain bidang hukum, Utrecht juga memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang terbuka hingga ke jenjang magister.

5. University of Adelaide

Dari Australia, salah satu universitas yang juga menawarkan beasiswa untuk studi lanjutan adalah University of Adelaide. Program potongan biaya kuliah di perguruan tinggi ini tersedia untuk jenjang magister dan doktoral. Terletak di Australia bagian selatan, University of Adelaide menempati peringkat 120 dunia di Tahun 2020.

Tidak hanya itu, perguruan tinggi di Negeri Kanguru ini memiliki banyak sekali jurusan yang termasuk ke dalam Top 100 dunia. Beberapa jurusan tersebut di antaranya Mineral and Mining Engineering, Nursing, Medicine, Law, dan Philosophy. Tak tanggung-tanggung, kampus ini rutin membuka tawaran lebih dari 100 beasiswa fulbright.

Kuliah di luar negeri saat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit sejak tawaran beasiswa kian membanjir. Universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa, dari tahun ke tahun semakin bertambah jumlah dan programnya. Maka, persiapkan dengan baik jika ingin berburu beasiswa luar negeri, karena kesempatan mungkin tak datang untuk kali kedua.