Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Wajib Dipenuhi

 Banyak pilihan cara melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Salah satunya adalah dengan memilih berkuliah di negeri orang. Namun tentu akan dibutuhkan usaha yang lebih keras jika ingin menuntut ilmu di negara lain. Agar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin, pahami apa saja syarat kuliah di luar negeri yang akan dibahas berikut ini.

6 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Wajib Dipenuhi

1. Kemampuan Bahasa

Jika ingin menempuh pendidikan di negara lain maka harus menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang dipakai di seluruh dunia jadi wajib hukumnya untuk dikuasai. Biasanya pihak universitas akan mengeluarkan persyaratan skor TOEFL, TOEIC, dan IELTS bagi mahasiswa yang ingin mendaftar.

Tak hanya keterampilan bahasa Inggris, sebaiknya dipersiapkan juga kemampuan berbahasa asing yaitu bahasa yang dipakai di negara tujuan. Misalnya untuk berkuliah di Jepang, maka selain menguasai bahasa Inggris juga harus berani belajar bahasa Jepang. Ini dilakukan agar pelajar bisa hidup dengan nyaman di tengah masyarakat di negara tersebut. Paling tidak punya modal sedikit dan bisa dikembangkan lagi saat sudah mulai berkuliah.

2. Nilai Akademis

Persyaratan nilai akademis juga harus dipenuhi dengan baik. Tak sembarang orang bisa berkuliah di universitas luar negeri. Tentu persyaratan nilai akademis ini juga bervariasi tergantung universitas serta jurusan ilmu yang dituju. Lebih baik cari informasi lebih jauh mengenai persyaratan nilai yang dibutuhkan untuk masuk ke universitas dan jurusan tersebut.

3. LoA

Syarat yang satu ini bisa dikatakan merupakan kunci bagi pelajar untuk bisa berkuliah di universitas luar negeri. LoA adalah letter of acceptance yang diberikan oleh pihak universitas kepada kandidat mahasiswa yang diterima. 

Jika sudah menerima LoA maka terbuka sudah peluang untuk menjadi mahasiswa di universitas luar negeri. Namun, untuk mendapatkan LoA ini tidaklah mudah. Pelajar harus mengikuti registrasi serta proses seleksi yang ketat sesuai kriteria universitas.

4. Paspor dan Visa

Agar bisa berangkat dan tinggal di negara tujuan studi, maka penting sekali untuk memiliki paspor dan mengurus visa. Pengurusan dokumen ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan karena butuh proses. 

Apalagi pengurusan visa yang biasanya cukup rumit dan prosesnya tidak selalu berjalan mulus. Tak ada salahnya meminta bantuan dari anggota PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di negara tujuan studi untuk membantu pengurusan visa.

5. Recommendation Letter

Syarat yang satu ini akan mempermudah pelajar untuk diterima di universitas yang diinginkan. Recommendation letter menjadi salah satu syarat kuliah di luar negeri yang umum diminta oleh universitas. Biasanya pihak universitas akan meminta surat rekomendasi dari pengajar seperti guru atau dosen. Pada program pascasarjana, surat rekomendasi juga bisa didapatkan dari atasan di tempat kerja.

6. Kesiapan Mental

Poin yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Setiap pelajar yang berencana untuk berkuliah di luar negeri harus memiliki kesiapan mental. Kuliah di negara asing tidaklah mudah dan ada begitu banyak tantangan yang harus dilalui. Tidak hanya tantangan akademis di lingkungan kampus tapi juga tantangan bersosialisasi dan hidup bermasyarakat di sana. Mahasiswa harus siap hidup mandiri dan bertahan di tengah lingkungan yang sepenuhnya asing.

Itulah 6 syarat kuliah di luar negeri yang sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin. Jika memang punya niat untuk melanjutkan kuliah di negara lain, maka tidak akan terasa sulit untuk memenuhi semua syarat ini. Tetap semangat dan yakinkan diri agar bisa diterima di universitas luar negeri impian.