Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Kampus yang Menyediakan Beasiswa Kuliah di Malaysia dan Tips Meraihnya

 Perkembangan dunia pendidikan menjadikan banyak pelajar yang memilih untuk kuliah di luar negeri dengan jalur beasiswa, salah satunya yakni beasiswa kuliah di Malaysia. Negara Malaysia menjadi satu dari sekian banyak tujuan untuk menempuh pendidikan.

Ini Kampus yang Menyediakan Beasiswa Kuliah di Malaysia dan Tips Meraihnya

Hal tersebut lantaran, biaya hidup di negara tersebut relatif terjangkau dibandingkan dengan negara lain seperti di Eropa atau Australia. Selain itu, jaraknya yang tidak jauh dari Indonesia menjadi satu alasan yang juga membuat banyak pelajar untuk berkuliah di sana. Simak Informasi berikut ini jika berminat berkuliah di Malaysia:

A. Kampus dengan Program Beasiswa di Malaysia

Di Malaysia ada berbagai kampus yang tersedia dengan berbagai program yang dipunyai. Kampus-kampus tersebut rata-rata memiliki nilai yang cukup baik dalam pemeringkatan tingkat dunia. Adapun beasiswa bagi pelajar yang ingin kuliah di sana, berikut ulasannya:

1. Monash University Untuk Beasiswa S1

Untuk para pelajar lulusan SMA, Monash University bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikannya dengan program beasiswa. Kampus ini sebenarnya tak hanya ada di Malaysia, tetapi ada juga di tujuh negara lain. Pada pemeringkatan versi QS World University tahun 2016-2017, Monash University meraih peringkat ke-65 sebagai universitas terbaik.

Beasiswa yang disediakan oleh kampus ini terbuka untuk semua jurusan, namun ada beberapa jurusan yang memang dikhususkan seperti jurusan farmasi, ilmu psikologi serta beberapa jurusan di bidang kesehatan lainnya. Tak perlu khawatir, ada jurusan lain yang bisa menerima mahasiswa dengan program beasiswa.

Jurusan yang menerima program beasiswa di kampus ini antara lain jurusan di bidang ilmu sosial dan seni, bisnis, engineering, teknologi informasi serta bidang science. Beasiswa yang ditawarkan di kampus ini bersifat parsial, beasiswa S1 diberikan senilai 2.500 ringgit Malaysia yang dibayarkan per semester.

Beasiswa parsial yang dimaksudkan adalah pihak kampus hanya membayarkan biaya pembelajaran per semester sejumlah itu. Sedangkan untuk biaya hidup, pembuatan visa, perjalanan serta buka, penerima beasiswa dapat mencari sumber pendanaan lain atau berasal dari dana pribadi miliknya.

2. Universiti Tunku Abdul Rahman (UNTAR)

Beasiswa kuliah di Malaysia lainnya yaitu berasal dari UNTAR Malaysia, di kampus ini ada beberapa program yang disediakan baik jenjang S1 maupun jenjang S2. Rata-rata beasiswa disediakan bagi jurusan non kesehatan. Program beasiswa S1 yang disediakan kampus ini misalnya ada di jurusan akuntansi dan jurusan animasi digital. Masing-masing juga punya waktu pembelajaran yang berbeda.

Pada jurusan animasi digital diberikan waktu tiga tahun untuk menempuh pendidikan dengan program beasiswa. Pembiayaan yang diberikan sekitar 66.895.000 rupiah per tahun. Sedangkan pada jurusan akuntansi, waktu yang diberikan yaitu empat tahun dengan pembiayaan sekitar 57.840.000 rupiah per tahun.

3. Sunway University

Kampus di Malaysia berikutnya yang menyediakan program beasiswa adalah Sunway University. Kampus ini terletak di pusat kota Malaysia, Kuala Lumpur. Ada beragam jurusan yang disediakan di kampus ini, namun rata-rata jurusan di kampus inni didominasi di bidang sains teknologi.

Beasiswa pendanaan di kampus ini diprakarsai oleh Jeffrey Cheah Foundation, Sunway College. Ada berbagai program yangetrsedia, seperti Jeffrey Cheah Entrance Scholarship, Jeffrey Cheah Continuing Scholarship serta program-program lainnya.

B. Tips Mendapat Beasiswa Kuliah di Malaysia

Untuk dapat kuliah dengan program beasiswa tentu tidak mudah. Dibutuhkan persiapan matang sejak dini, agar dapat memperoleh beasiswa yang diinginkan. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mencoba beasiswa kuliah:

1. Mempersiapkan Waktu Setahun Sebelumnya

Persiapan yang cukup tentu akan membuat seseorang matang ketika apply beasiswa. Apalagi jika dilihat, persyaratan beasiswa terbilang banyak. Untuk itu, beri waktu persiapan enam hingga satu tahun sebelum mencoba melamar program beasiswa agar mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Informasi yang cukup akan membuat seseorang lebih percaya diri ketika mencoba apply sebuah beasiswa. Informasi  berupa persyaratan apa saja serta bagaimana kriteria yang dicari sangat diperlukan ketika mencari beasiswa. Untuk itu, gali informasi sebanyak mungkin yang bisa diperoleh.

3. Coba Beberapa Beasiswa Sekaligus

Untuk memperbesar kemungkinan diterima, alangkah lebih baik jika mencoba mendaftar di beberapa program sekaligus. Cara ini akan memperbesar peluangnya. Meski begitu,  jangan lupa untuk mencari informasinya terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Itulah beberapa kampus yang menyediakan beasiswa kuliah di Malaysia serta ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar berhasil diterima pada sebuah program beasiswa. Ingat, tidak ada usaha yang menghianati hasil. Tetap berusaha dan mencoba untuk banyak kemungkinan, semoga berhasil.