Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Daftar Beasiswa LPDP yang Harus Diperhatikan

 Pemburu beasiswa akan sangat antusias ketika peluang berkuliah di Luar Negeri terbuka lebar. Kesempatan mengejar beasiswa ke luar negeri dan memilih universitas atau institut favorit bisa diikuti via laman situs LPDP. Begini cara daftar beasiswa LPDP yang harus diperhatikan. Jadi tinggal memenuhi persyaratan yang disyaratkan untuk ikut seleksi lulus LPDP.

5 Cara Daftar Beasiswa LPDP yang Harus Diperhatikan

Lima (5) Cara Daftar Beasiswa LPDP yang Harus Diperhatikan

1. Online Via Website LPDP

Di halaman website LPDP, pengguna akan disuruh membuat data akun yang berguna untuk segera login dan mendaftar via online. Keberadaan LPDP beasiswa ada pilihannya seperti afirmasi, umum juga targeted group. Sementara itu terdapat dua tahapan seleksi periode biasanya diselenggarakan program dari LPDP via situs resminya.

Adapun untuk jenis LPDPnya yaitu beasiswa bagi pendidik khususnya untuk guru, perguruan tinggi yang utama serta PTPD bagi magister juga doktor. Untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP maka harus memperhatikan syaratnya serta tahapan seleksi serta ketentuan lain yang ada di website LPDP.

2. Perhatikan Persyaratan Umum di Beasiswa Untuk LPDP

Cara daftar beasiswa LPDP yaitu dengan memperhatikan persyaratan umum yang ada, yaitu warga negara Indonesia. Saat ambil magister program harus usai jenjang Diploma 4 atau Strata 1. Untuk program Strata 2 syaratnya harus PTN yang terdaftar BAN-PT, juga kedinasan, dan PTLN yang diakui.

Pendaftar sedang tak menempuh di PT atau Perguruan Tinggi manapun, kelas reguler beasiswa saja. Mengisi profil lengkap di formulir pendaftaran, lampirkan personal statement, melampirkan tulisan komitmen pasca studi untuk pulang ke Indonesia. Lampirkan tulisan plant untuk studi bagi proposal untuk penelitian di program magister.

3. Lengkapi Syarat Secara Khusus LPDP Beasiswa

Biasanya persyaratan khususnya yang harus dipenuhi ini diperuntukkan pada  pendidik. Dimana harus melampirkan dokumen untuk Letter of Admission atau Acceptance disebut juga LoA. Apply surat izin daftar beasiswa berasal dari Rektor PTN, PTS untuk Dosen. Sementara untuk Guru, bisa melengkapi surat perizinan Kepala Sekolah bisa juga pimpinan institusi.

Untuk batasan umur di syarat khusus yaitu S2 batas umurnya 40  sedangkan S3, 47 tahun. Dengan Indeks Prestasi Kumulatif dimiliki minimal 3,4 serta terlampir surat dari perguruan tinggi asal. Lampirkan pula sertifikat mahir berbahasa Inggris sudah resmi dari ETS,  dari IELTS atau juga  PTE Academic. Sudah terdaftar BPI pendidik dan melampirkan berupa surat tentang keterangan tentang menunda studi PT.

4. Perhatikan Kelengkapan Dokumen Penunjang Lainnya

Dokumen penunjang lainnya berlaku untuk pendaftaran PTD beasiswa. Dimana cara daftar beasiswa LPDP khususnya PTD  harus memenuhi persyaratan yang umum yaitu mirip dengan jenis program LPDP lainnya.

Harus memenuhi persyaratan secara khusus yang ada, yaitu menggunggah dokumen LoA. Penerima PTUD tidak bisa pindah perguruan tinggi, berbatas umur magister 35 tahun, jika doktor 40 tahun. Dengan dilengkapi pula sertifikat berkemampuan berbahasa Inggris dengan skor 6,5 hingga 7,0.

5. Apply Semua Dokumen di Website LPDP

Jika semua dokumen sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya apply dokumen di website LPDP dan harus sudah mempunyai akun aktif. Akun diisi data pribadi, nama, nomor di KTP, tempat lahir serta tanggal lahir, lampirkan foto terbaru juga nomor handphone aktif.

Untuk bisa login maka pastikan sudah verifikasi akun via email yang didaftarkan tersebut. Kemudian isi data untuk diri serta data keluarga di akun dengan benar. Setelah semua data terisi maka pilih ke menu beasiswa dan lanjutkan dengan beasiswa dipilih tersebut. Kemudian segera apply semua persyaratan dokumen LPDP tersebut.

Beberapa cara daftar beasiswa LPDP tersebut lebih lengkap, detail dengan mengecek situs resmi untuk LPDP. Perhatikan pula bagaimana syaratnya masing-masing beasiswa untuk LPDP cek saja di website. Jadi ketika mempersiapkan dokumen dan untuk mulai menggunggah sudah terverifikasi dengan benar. Tinggal menunggu pengumuman juga tahapan pada seleksi berikutnya untuk mendapatkan beasiswa LPDP.