Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan 5 Tips Sukses UTBK Ini Untuk Dapat Hasil Maksimal !

 Bagi sebagian orang, ujian adalah sebuah momok tersendiri. Diantara ujian tersebut salah satunya adalah Ujian Tulis Bersandar Komputer atau yang sering disebut UTBK. Namun sekarang para peserta tidak perlu khawatir, karena tips sukses UTBK dapat dipraktekkan semenjak dini. Ujian ini merupakan ujian yang ditempuh oleh siswa yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. 

Lakukan 5 Tips Sukses UTBK Ini Untuk Dapat Hasil Maksimal !

Jalur pendaftaran perguruan tinggi yang menggunakan UTBK sebagai persyaratan adalah jalur SBMPTN. Agar bisa berhasil masuk pada studi dan juga perguruan tinggi yang dituju, melakukan beragam persiapan cukup dibutuhkan. Dimana persiapan tersebut telah dijalankan sejak seawal mungkin supaya hasil lebih maksimal. Berikut deretan tips supaya sukses dalam menjalankan UTBK :

1. Mengumpulkan Informasi Tentang UTBK 

Langkah pertama sebagai tips sukses UTBK adalah dengan memahami dan mengetahui berbagai macam seluk beluk dari UTBK itu sendiri. Mulai dari jadwal dilaksanakan UTBK dan juga SBMPTN. Maka dari itu jangan sampai telat, baru persiapan sekarang ternyata lusa sudah jadwal ujian. 

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah mengenai persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian juga ada alur pendaftaran dan juga seleksi yang dilakukan. Sampai dengan kriteria penilaian yang akan digunakan dalam tes tersebut serta masih banyak lagi.

2. Mengetahui Program Studi yang Menjadi Tujuan

Selain mengetahui tentang beragam hal mengenai UTBK, mengetahui tentang program studi yang akan diambil juga perlu dilakukan. Pasalnya banyak siswa yang akan melakukan tes UTBK masih bingung dengan program studi yang akan dipilih. Hal ini dikarenakan dalam perguruan tinggi menawarkan banyak sekali program studi. 

Jika sudah menentukan pilihan, yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek peluang masuk dari program studi tersebut. Selain dilihat dari peluang, calon peserta UTBK juga bisa mengecek banyaknya peminat. Dimana semakin besar persentase yang terlihat, maka semakin banyak peluang dan sebaliknya.

3. Rajin Melakukan Latihan Soal

Rangkaian latihan atau yang sering disebut try out bisa menjadi solusi latihan mental dan juga fisik calon peserta UTBK. Pasalnya try out telah dirancang sedemikian rupa supaya tidak jauh berbeda dari tes UTBK itu sendiri. Dimana try out semacam ini salah satunya dapat dilakukan menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran. Maka dari itu try out dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja. 

4. Menyiapkan Keadaan Fisik dengan Baik

Jika persiapan mengenai materi dan juga trik mengerjakan soal telah dipelajari. Langkah untuk tips sukses UTBK selanjutnya adalah menyiapkan keadaan fisik dari calon peserta. Untuk itu persiapan dari jauh hari sangat dibutuhkan supaya menjelang ujian fisik dapat beristirahat dengan cukup dan juga terjaga kesehatannya. 

Jangan paksa tubuh untuk belajar menjelang ujian sampai tidak tidur karena belum sempat belajar sebelumnya. Hal ini bisa memperburuk keadaan ketika tes yang dihadapkan dengan komputer dalam durasi lama.

5. Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Dengan mengerjakan bagian soal yang lebih mudah terlebih dahulu menjadi solusi tips sukses UTBK yang terakhir. Diantara soal yang lebih mudah dalam tes UTBK adalah bagian materi Tes Kemampuan Skolastik atau yang sering disebut TPS. setelah itu baru mulai untuk mengerjakan soal lainnya di bagian materi Tes Kemampuan Akademik atau yang sering disebut TPA. 

Itu tadi sekilas informasi tentang tips sukses UTBK dengan cukup persiapan. Pasalnya dalam hal belajar sebelum ujian memang lebih baik dilakukan dari sejak dini. Hal ini supaya ketika mendekati hari ujian calon peserta tidak resah karena belum memiliki persiapan. Dalam waktu melakukan persiapan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh juga.