Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips IELTS Speaking Agar Skor Lebih Maksimal

 Kemampuan dalam pembelajaran bahasa Inggris pada umumnya terbagi menjadi beberapa sesi. Diantaranya seperti sesi speaking, listening, reading, dan juga writing. Akan tetap menurut sebagian orang dari sesi yang ada, sesi speaking termasuk dalam sesi yang lumayan sulit. Meskipun demikian beberapa tips IELTS speaking dapat dicoba supaya hasil skor yang didapat lebih maksimal. 

5 Tips IELTS Speaking Agar Skor Lebih Maksimal

Pasalnya dalam sesi speaking diperlukan kemampuan komunikasi yang baik dari peserta. Walaupun sesi ini lumayan sulit untuk diselesaikan, namun speaking merupakan solusi mudah supaya skor yang diperoleh dapat meningkat. Berikut tips yang dapat dilakukan supaya hasil skor IELTS bisa lebih maksimal:

1. Berbicara dengan Menekankan Kata Penting 

Tips yang satu ini cukup perlu dilakukan supaya mempermudah pendengar dalam menerima informasi yang diberikan. Selain itu pengungkapan informasi dengan menggunakan nada datar dan juga Monoton. Bisa mempersulit pembicara dalam menyampaikan sesuatu. 

Alhasil tips IELTS speaking dengan menekankan kata-kata yang dibutuhkan atau kata-kata yang penting dapat dilakukan. Hal ini supaya percakapan yang dilakukan bersama dengan penguji tes IELTS bisa lebih menarik dan tidak membosankan. Dari situ penguji juga lebih mudah dalam membedakan kalimat ide dengan kalimat penjelasan.

2. Memperluas Jawaban yang Diberikan 

Solusi supaya bisa mendapatkan nilai maksimal dalam tes IELTS sesi speaking dapat menggunakan jawaban secara lengkap. Peserta tes bisa menjelaskan sebuah pertanyaan dengan lebih rinci, usahakan supaya penjelasan yang peserta berikan tidak menimbulkan pertanyaan baru. 

Pasalnya jika peserta tidak menjelaskan secara rinci sebuah topik yang dibicarakan. Mengasumsikan bahwa peserta tersebut kurang memahami topik. Hal ini bisa menimbulkan banyak pertanyaan di benak penguji.

3. Tidak Mengkhawatirkan Aksen yang Digunakan

Dengan tidak terlalu mengkhawatirkan masalah aksen dapat menjadikan seorang peserta tes IELTS lebih percaya diri. Pasalnya seorang penguji yang melakukan tes dengan tatap muka secara langsung lebih mengetahui berbagai macam aksen. 

Untuk itu masalah aksen bisa diatasi dengan kemampuan komunikasi yang baik. Akan tetapi memperbaiki aksen itu lebih bagus. Misalnya dengan meminta bantuan teman untuk mendengarkan aksen yang dimiliki oleh peserta. Setelahnya dilakukan evaluasi bagian mana yang katanya kurang tepat.

4. Menghindari Kata yang Asing dan Tidak Familiar 

Pengguna kata yang dimengerti oleh peserta tes kiranya lebih aman jika dibandingkan harus menggunakan kata yang kurang dimengerti. Pasalnya hal ini bisa membuka peluang terjadinya kesalahan. Baik kesalahan dalam hal penggunaan maupun kesalahan dalam hal pengucapan. 

Hal ini berkemungkinan juga mempengaruhi hasil skor yang akan didapatkan oleh peserta tes IELTS. Diantara solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memakai kata yang dimengerti baik oleh peserta sendiri maupun oleh orang banyak. Serta pemakaian kata juga perlu disesuaikan dengan topik pembicaraan yang dilakukan.

5. Berlatih dengan Menjawab Contoh Pertanyaan 

Seorang peserta tes IELTS bisa melakukan tips IELTS speaking yang satu ini sebagai salah satu persiapan. Pasalnya dengan melakukan latihan sedikit banyak peserta dapat terbiasa dan tidak gugup ketika ditanya oleh penguji. 

Latihan yang bisa dilakukan seperti mengetahui tentang berbagai topik sehari-hari. Bisa juga tentang keluarga, pekerjaan, pendidikan dan yang lainnya. Pasalnya topik semacam ini banyak ditanyakan oleh penguji. Persiapan dapat dilakukan dengan mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan topik tersebut.

Demikian ulasan mengenai tips IELTS speaking untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Berbagai tips di atas bisa menjadi pilihan referensi bagi calon peserta tes IELTS sesi speaking supaya bisa memperoleh skor dengan maksimal. Selain kemampuan materi atau topik, kemampuan penyampaian atau komunikasi dari peserta juga menjadi penilaian.