Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jurusan Favorit di UI dengan Persaingan Ketat Saat Seleksi Masuk

 Universitas Indonesia atau biasa dikenal UI adalah satu diantara banyak universitas negeri yang banyak diincar oleh para pelajar di Indonesia. Berbagai jurusan favorit di Universitas Indonesia biasa diperebutkan setiap tahun di seleksi masuk perguruan tinggi.

5 Jurusan Favorit di UI dengan Persaingan Ketat Saat Seleksi Masuk

Meski begitu, ada beberapa program studi yang memiliki banyak peminat dan selalu diperebutkan oleh para calon mahasiswa. Rata-rata jurusan-jurusan itu memiliki akreditasi peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi (BAN PT). Berikut, beberapa jurusan favorit yang ada di UI:

1. Pendidikan Dokter

Jurusan ini memang selalu menjadi incaran para pelajar dari berbagai jalur seleksi masuk universitas negeri. Pada SNMPTN 2020 misalnya, pendidikan dokter memiliki peminat yang terbilang banyak jika dibandingkan dengan jumlah kuota yang disediakan.

Total 1.253 orang peminat di jurusan ini pada SNMPTN 2020 lalu dan hanya disediakan kuota sebanyak 36 orang atau setara dengan 2,87 persen. Begitu pula pada SBMPTN, pendidikan dokter juga banyak diminati oleh para peserta seleksi.

Untuk bisa masuk pada jurusan ini, harus mempersiapkan sedemikian rupa. Persiapan banyak perlu dilakukan mulai dari nilai rapor di setiap semester sejak awal Sekolah Menengah Atas jika ingin masuk lewat jalur SNMPTN. Selain itu,  persiapan belajar yang konsisten juga perlu dilakukan jika mengincarnya melalui jalur tes tulis.  

2. Ilmu Hukum

Jurusan favorit di UI berikutnya yakni ilmu hukum. Jurusan yang berada pada rumpun soshum ini juga memiliki banyak peminat baik dari jalur SNMPTN maupun tes tulis bersama. Lihat saja pada SNMPTN 2020, peminat jurusan ini mencapai 1.237 orang dan hanya disediakan kuota sebanyak 60 orang.

Keketatan itu tampak terlihat pada jurusan ilmu hukum karena tingkat persaingan mencapai 4,85 persen. Dibandingkan jurusan yang berada di rumpun soshum lain, jurusan ilmu hukum memang punya banyak peminat.  Belum lagi, tingkat persaingan yang terjadi pada tes tulis bersama. Tentu akan lebih ketat dan sulit.

3. Ilmu Psikologi

Jurusan selanjutnya yang terbilang favorit di UI adalah Ilmu Psikologi. Jurusan yang juga berada di rumpun soshum ini juga banyak memiliki peminat. Persaingan yang ketat tampak pada SNMPTN 2020 lalu, pendaftar pada jurusan ini sebanyak 1062 dengan jumlah kuota hanya 36 orang.

Ilmu psikologi menjadi jurusan yang punya  nilai keketatan nomor dua setelah ilmu hukum pada rumpun soshum. Tak hanya diminati oleh pelajar yang punya latar belakang ips saat SMA-nya, jurusan ini juga banyak diincar oleh mereka yang berasal dari jurusan ipa di SMA-nya.

4. Manajemen

Jurusan favorit yang juga banyak diincar adalah jurusan manajemen. Jurusan ini berada pada rumpun soshum di UI. Pada SNMPTN 2020, jurusan ini diperebutkan oleh 1.100 orang pelajar dari seluruh Indonesia. Padahal, kuota yang disediakan hanya 36 kursi.

Keketatannya mencapai 3,27 persen di SNMPTN 2020. Sedangkan pada 2021 ini, manajemen juga menjadi satu jurusan terfavorit di UI yang banyak diperebutkan juga oleh para calon mahasiswa.

5. Sistem Informasi

Selanjutnya adalah jurusan yang juga terbilang favorit di UI. Jurusan ini adalah jurusan sistem informasi. Jurusan sistem informasi termasuk ke dalam rumpun saintek yang rata-rata diperebutkan oleh pelajar dari jurusan ipa di SMA-nya.

Pada SNMPTN 2020, sistem informasi punya peminat yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jurusan lain di saintek. Jumlah peminat jurusan ini mencapai 672 orang di SNMPTN 2020 dengan jumlah kuota sebanyak 30 orang yang disediakan.

Meski begitu, jurusan ini masih kalah peminat jika dibandingkan dengan pendidikan dokter. Keketatan persaingannya mencapai 4,46 persen. Sedangkan untuk tes tulis bersama yang biasa diadakan, jurusan sistem informasi juga tak kalah bersaing dari jurusan lain.

Itulah lima jurusan favorit di UI yang banyak diminati saat seleksi masuk perguruan tinggi baik dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Jangan khawatir, apabila ada persiapan matang dan kerja keras ekstra jurusan tersebut tak hanya menjadi impian belaka. Semoga informasi di atas membantu dan berguna bagi para pejuang perguruan tinggi negeri.