Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Daftar Beasiswa Kuliah di Korea Sebagai Sarana Belajar ke Luar Negeri

 Korea merupakan negara dengan tampilan pesona keindahan alam sehingga banyak orang ingin pergi kesana. Sebagian besar pelajar tentunya sangat ingin bisa berkuliah di negeri K-POP. Untuk membantu mewujudkan impian tersebut, maka simak saja tentang beasiswa kuliah di Korea siapa tahu bisa membantu meringankan biaya kuliah:

Berikut Daftar Beasiswa Kuliah di Korea Sebagai Sarana Belajar ke Luar Negeri


1. Beasiswa Dari AMA (Art Major Asian Plus Scholarship)

Bagi orang-orang yang suka dengan dunia seni, maka AMA dapat menjadi solusi kuliah ke luar negeri dengan biaya dari pemerintah. Tentu saja tujuan dari kampusnya adalah di Korea Selatan bernama Korea National University of Arts atau kalau disingkat K-Arts. Tentu saja melalui beasiswa ini dapat meringankan biaya kuliah sampai lulus.

Banyak sekali keuntungan ketika mendapatkan beasiswa kuliah di Korea ini seperti halnya pembiauaan uang bulanan, transportasi, dan lain sebagainya. Jenjang yang mendapatkan beasiswa ini adalah strata 1 atau S1. Kemudian setiap bulannya para mahasiswa beasiswa AMA akan mendapatkan sekitar 350 ribu guna dipergunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

2. Beasiswa DGIST

Apabila sudah menghabiskan masa pendidikan S1 dan lanjut perjuangan kuliah S2/S3 ke Korea Selatan, maka coba memanfaatkan beasiswa DGTIST. Setidaknya ada beberapa jurusan yang ditawarkan yakni New Biology, Emerging Material Science, dan masih banyak lainnya. Terkait dengan pembiayaan pembayaran semester ditanggung oleh pemerintah.

Namun untuk bisa mendapatkan layanan beasiswa ini, para calon pendaftar harus bisa menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Sebab saat kegiatan kuliah sudah aktif, maka komunikasi di dalam kelas menggunakan bahasa Inggris. Terdapat juga kelas tambahan yakni belajar bahasa Korea sehingga bisa dengan mudah mempelajari.

3. Beasiswa GKS (Global Korea Scholarship)

Para pelajar yang mendapatkan beasiswa GKS akan mendapatkan segudang keuntungan yakni pembebasan biaya semester, mendapat uang bulanan dan sebagainya. Kemudian mendapatkan juga asuransi hidup sehat sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika terjadi sesuatu yang kurang mengenakkan menyerang tubuh.

Akan tetapi agar bisa mendapatkan beasiswa ini para pendaftar harus menguasai terlebih dahulu percakapan menggunakan bahasa Inggris. Sebab saat pembelajaran di dalam kelas menggunakan komunikasi bahasa Inggris. Terkait dengan bahasa Korea bisa dipelajari bersama-sama karena kampusnya menyediakan fasilitas seperti itu.

4. Beasiswa EGPP (Ewan Global Partnership Program)

Pengadaan beasiswa EGPP merupakan sarana terbaik agar dapat membantu bagi para pelajar melanjutkan ke jenjang S1. Penempatan bagi calon mahasiswa adalah kampus bernama Ewha Womans University. Tentunya pembiayaan sepenuhnya ditanggung pemerintah sampai maksimal 8 semester sehingga harus giat belajar agar tidak tertunda.

Bentuk bangunan kampusnya sangat keren sekali dengan bangunan bertingkat dan terdapat pula landasan helikopter pada bagian atas gedung. Namun sebelum memutuskan mengikuti program beasiswa tersebut harus terlebih dahulu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Sebab pengajaran pertama di dalam kelas menggunakan logat Inggris dan kemudian akan diajari bahasa Korea.

5. Beasiswa KAIST

Apabila berniat belajar ilmu di Korea maka dapat memanfaatkan layanan beasiswa KAIST ini. Memang secara peraturan beasiswa satu ini diperuntukkan untuk S1 namun apa salahnya untuk mendaftarkan diri. Siapa tahu bisa diterima di kampus tersebut dan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dari para manusia-manusia hebat.

Berbagai fasilitas akan diberikan bagi yang beruntung lolos seleksi beasiswa KAIST yakni mulai dari uang saku, asuransi kesehatan dan lainnya. Namun saingan untuk mendapatkan beasiswa tersebut sangat banyak sehingga mulailah dari sekarang meningkatkan kemampuan diri. Caranya adalah dengan rajin belajar dan perbanyak literasi.

Demikianlah penjelasan daftar terkait beasiswa kuliah di Korea yang bisa dicoba dan dijadikan referensi. Memang setiap orang mempunyai keberuntungan masing-masing. Untuk itu giatlah belajar agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah.