Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Universitas di Indonesia Terbaik Berperingkat Dunia

 Kuliah di universitas ternama, tentu akan menjadi harapan siapa saja. Bukan hanya universitas negeri, faktanya perguruan tinggi swasta pun tak luput jadi incaran jika membuka fakultas pilihan atau masuk daftar kampus terbaik nasional, bahkan dunia. Universitas di Indonesia terbaik versi lembaga pemeringkat dunia ini bisa menjadi pilihan sebelum melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

7 Universitas di Indonesia Terbaik Berperingkat Dunia

 Tujuah (7) Universitas di Indonesia Terbaik Berperingkat Dunia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berada di Yogyakarta, UGM sukses mencatatkan diri menjadi  salah satu universitas di Indonesia terbaik pada rangking 810. Salah satu kampus favorit di Pulau Jawa ini selalu menjadi favorit, selain karena suasana asri, fasilitas lengkap, serta kegiatan mahasiswa yang beragam.

Selain itu, keramahan Kota Yogyakarta memberikan nilai tambah bagi UGM sebagai kampus idaman, karena kearifan lokalnya yang khas serta standar biaya hidup murah. Almamater Presiden Joko Widodo ini pun konsisten menempati peringkat atas perguruan tinggi terbaik di Indonesia, karena atmosfer belajar yang sangat mendukung mahasiswanya agar selalu berprestasi.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Meskipun fokus di bidang pertanian dan ketahanan pangan, IPB juga menawarkan beberapa fakultas di bidang non-agraris seperti MIPA, Ekonomi dan Manajemen, dan juga Kedokteran Hewan. Institut Pertanian Bogor menempati posisi 1.088 dunia, dan 3.577 versi Kemenristekdikti. Dengan demikian, IPB menjadi salah satu institut yang masuk 10 besar perguruan tinggi di Indonesia.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Terletak di Kota Surabaya yang terkenal panas, tidak membuat kampus ini tertinggal dari prestasi. Beberapa alumni ITS yang sukses di kancah pemerintahan di antaranya adalah Ibu Tri Rismaharini dan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, serta masih banyak lagi alumni dari kampus negeri ini yang menorehkan prestasi membanggakan bagi bangsa.

Bukan hanya di menjadi 5 besar papan atas di Indonesia, ITS pun mencatatkan namanya di peringkat 1.089 dunia. Selisih satu peringkat saja dengan IPB. Terakreditasi A oleh BAN-PT, ITS memiliki jurusan yang kompetitif dan selalu menjadi favorit, antara lain Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Biomedik.

4. Universitas Indonesia

Dikenal juga dengan ‘Kampus Perjuangan’, universitas di ibu kota dan Depok ini tetap harum Namanya di kancah dunia, dengan menempati peringkat 1.315, dan juga menjadi peringkat 5 kampus terbaik versi dalam negeri.

Almamater kuning selalu menjadi dambaan para lulusan SMA yang menginginkan kuliah di perguruan tinggi ternama, sekaligus bergengsi. Biaya hidup Jakarta yang melambung, tak pernah menjadi penghalang semangat bagi para pencari ilmu di UI.

5. Universitas Airlangga

Kota Surabaya kembali mencatatkan Unair sebagai salah satu kampus terbaik, bersanding dengan ITS yang sudah lebih dulu terperingkat secara nasional dan juga dunia. Universitas negeri ini bahkan sempat dinobatkan sebagai kampus terbaik di Kota Pahlawan itu.

Menduduki peringkat 1.322 dunia serta ke-7 nasional versi Kemenristekdikti, Universitas Airlangga dikenal sebagai kampus dengan moralitas tinggi dan tak kalah menorehkan prestasi di kancah nasional maupun internasional. Hal itu karena dukungan atmosfer belajar yang bermutu, serta unit kegiatan mahasiswa untuk pengembangan bakat non-akademik.

6. Institut Teknologi Bandung

Jika ingin melanjutkan studi di Bandung, ITB bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup prestise. Berada di peringkat 1.647 dunia, ITB adalah kampus yang tersohor di kalangan pecinta teknologi. Sebut saja mantan presiden kita Bacharuddin Jusuf Habibie, dan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, adalah alumni dari kampus ini.

7. Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta ini tak kalah berprestasi dengan kampus negeri karena mencatatkan namanya di rangking 1.902 dunia. Bina Nusantara menjadi PTS yang mengungguli beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terperingkat di bawahnya. Binus juga memiliki lokasi di Bekasi, Bandung dan Malang, selain kampus pusat yang berada di Jakarta.

Sebelum melangkah mendaftar ke jenjang perkuliahan, menjatuhkan pilihan pada universitas di Indonesia terbaik menurut beberapa lembaga pemeringkat, bisa menjadi salah satu acuan. Bukan hanya peringkat, jurusan pilihan pun sebaiknya menjadi salah satu pertimbangan, agar masa depan bisa tertata dengan gemilang sesuai dengan yang dicita-citakan.