11/19/2016

Jenis Mainan Anak Perempuan yang Mendidik

Jenis Mainan Anak Perempuan yang Mendidik_Bagi anak-anak, yang namanya mainan, merupakan salah satu benda wajib yang harus ada. Beragam jenis mainan yang ada, tinggal dipilih berdasarkan usia sang anak. Dalam hal ini, ada baiknya orang tua memilihkan jenis mainan yang cocok untuk buah hatinya. Akan lebih baik lagi jika orang tua membelikan mainan dengan unsur pendidikan di dalamnya.
Jenis Mainan Anak Perempuan yang Mendidik

A. Tips memilih mainan untuk anak

Memilih mainan bagi sang buah hati, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika perlu, perhatikan beberapa tips mencari mainan untuk anak yang berikut ini.

1. Hindari mainan yang berbahaya
Menghindari mainan yang berbahaya merupakan hal utama bagi orang tua untuk menghindarkan anak dari yang namanya dampak buruk mainan. Beragam jenis mainan yang bisa dengan mudah pecah, sebaiknya dihindari. Hindari pula mainan yang mudah ditelan sang anak, terlebih bagi mereka yang berusia balita, kegemaran menggigit mainan merupakan hal yang biasa.

2. Sesuaikan dengan usia sang anak
Seperti yang telah disinggung di atas, menyesuaikan mainan dengan usia sang anak, merupakan hal yang diperlukan. Dalam hal ini orang tua bisa mengecek terlebih dahulu label mainan yang akan dibeli. Mainan yang dibeli tanpa adanya penyesuaian usia, membuat sang anak kebingungan bagaimana cara memainkan mainan tersebut.

3. Cari mainan yang edukatif
Mencari mainan yang edukatif memang gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan, ada begitu banyak mainan yang dibuat, demi meraup keuntungan semata, tanpa memperdulikan dampak positif dan negatifnya bagi perkembangan anak.

B. Mainan untuk anak perempuan yang mendidik

Bagi Anda yang memiliki anak perempuan, sebaiknya lebih selektif dalam mencarikan mereka mainan. Beberapa mainan di bawah ini bisa, Anda jadikan sebagai referensi dalam mencari mainan yang mendidik bagi anak.

1. Permainan dengan tema memasak
Salah satu jenis permainan yang memberi dampak positif bagi anak adalah permainan aktivitas sehari-hari. Untuk anak perempuan, orang tua bisa membelikan berbagai jenis mainan memasak. Jenis permainan ini bisa didapatkan dalam bentuk yang aman seperti halnya mainan dari plastik. Dengan membiasakan atau mengenalkan rutinitas memasak bagi sang anak, diharapkan bisa memunculkan naluri keIbuan bagi si buah hati

2. Puzzle
Puzzle

Mainan yang berguna untuk mendidik anak lainnya adalah puzzle. Puzzle merupakan jenis mainan ringan yang bisa dibeli oleh anak laki-laki maupun perempuan. Permainan puzzle dilakukan dengan cara menyusun potongan puzzle hingga dapat membentuk sebuah benda tertentu.

Untuk anak perempuan, orang tua bisa memberikan puzzle dengan gambar-gambar layaknya bunga, buah, boneka, dan lain sebagainya. Puzzle sendiri populer di banyak kalangan, karena termasuk jenis mainan yang mengasyikkan.

Puzzle dimainkan bukan hanya untuk sekedar melewatkan waktu semata melainkan juga berguna dalam melatih daya konsentrasi si kecil. Untuk yang masih awal, sebaiknya permainan dibimbing terlebih dahulu. Saat anak sudah mulai terbiasa, orang tua bisa membiarkan anak berkreasi dengan daya ingatnya dalam membentuk puzzle yang utuh.

Puzle yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan usia si anak. Jangan sampai kesulitan dalam membentuk puzzle karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Seiring dengan bertambahnya usia, orang tua bisa membelikan jenis puzzle yang semakin sulit dibentuk pula.

3. Boneka
Satu lagi jenis mainan bagi anak perempuan yang mendidik yaitu bermain boneka. Ajarkan anak untuk merawat sendiri boneka yang mereka mainkan. Mainan ini dapat mengajarkan anak untuk berlaku baik dengan menjaga mainan mereka dari kerusakan. Bermain boneka, juga mampu mengeluarkan sifat kasih sayang dari anak anda.

Dewasa ini ada banyak jenis mainan yang bisa dipilih untuk sang anak. Meski demikian, orang tua tetap harus mencari jenis mainan yang mendidik sehingga dampak positifnya sampai ke anak.

Artikel Pilihan

Kepada Yth. Pengunjung blog ini, silakan Anda berkomentar baik berupa pertanyaan, memberi solusi atas pertanyaan teman-teman, ataupun menambah informasi sesuai topik yang sedang dibahas di halaman ini.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Semoga artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berkenan, tolong do'akan kami agar senantiasa diberi kesehatan dan rejeki barokah.

Boleh Copas Asal Sopan

Website Pendidikan

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top