Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Universitas Tertua di Indonesia Baik Negeri Maupun Swasta

 Program pendidikan yang sudah digagas pemerintahan hindia belanda sejak zaman kolonial belanda melahirkan sebuah sejarah lahirnya perguruan tinggi di Indonesia. Program tersebutlah yang menjadi awal mula berdirinya beberapa perguruan tinggi atau universitas tertua di Indonesia. Hal ini melengkapi sistem pendidikan yang awalnya hanya terdiri dari sekolah dasar.

7 Universitas Tertua di Indonesia Baik Negeri Maupun Swasta

Tujuh (7) Universitas Tertua di Indonesia 

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia/UI menjadi Universitas tertua di Indonesia karena universitas ini telah berdiri sejak tahun 1849 dengan nama awal Dokter-Djawa School Batavia. Kemudian 5 tahun berselang, namanya diganti menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1954 hingga sekarang. Hingga kini Universitas Indonesia telah meluluskan berbagai tokoh-tokoh penting di Indonesia, mulai dari tokoh dunia bisnis hingga pemerintahan.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau dikenal dengan sebutan Unair, telah didirikan sejak tahun 1913 oleh Pemerintahan Belanda yang dikenal dengan nama NIAS atau Nederlandsch Indische Artsen School. 

Tujuannya yaitu untuk membentuk tenaga atau ahli praktisi kesehatan dari pemuda yang ada di Jawa. Nama Universitas Airlangga sendiri diresmikan pada tahun 1954 di Surabaya oleh Presiden RI pada saat itu yaitu Ir. Soekarno.

3. ITB

Institut Teknologi Bandung merupakan universitas tertua di Indonesia ketiga setelah UI dan Unair. Didirikan pada tahun 1920 dengan nama awal Technische Hogeschool Bandoeng. Nama ITB sendiri diresmikan pada tahun 1959 dikarenakan letaknya yang ada di wilayah Bandung. Institut Teknologi Bandung telah memiliki banyak jurusan yang telah terakreditasi dari badan Internasional seperti ABET dan ASIIN.

4. IPB

Landbouw Hogeschool merupakan nama pertama dari Institut Pertanian Bogor yang didirikan tahun 1940. Perubahan nama banyak terjadi pada universitas ini, hingga akhirnya menjadi bernama IPB pada tahun 1963. Dinamakan IPB karena, dulunya kampus ini diperuntukan sebagai institut yang khusus mempelajari mengenai bidang pertanian dan juga ilmu agronomi. Informasi terbaru yang didapatkan, kini IPB dikenal mempunyai nama sebagai IPB University

5. Universitas Islam Indonesia

Salah satu kampus swasta tertua di Indonesia adalah Universitas Islam Indonesia yang berdiri sejak tahun 1945. Awalnya kampus ini bernama Sekolah Tinggi Islam yang kemudian berganti nama menjadi Universitas Islam indonesia setelah 2 tahun terjadinya peristiwa proklamasi Republik Indonesia. Sejak saat itu UII mengalami perkembangan yang pesat, hingga sekarang menjadi salah satu Universitas ternama di Indonesia.

6. Universitas Nasional

Universitas ini termasuk salah satu perguruan tinggi swasta yang tertua dengan letak kampus yang berada di Jakarta. Didirikan pada tahun 1949 dengan tujuan memajukan bidang ilmu dan juga kebudayaan. Inisiatif pendirian Universitas Nasional juga diawali oleh para cendekiawan yang terkenal pada masa itu seperti Mr. Sutan Takdir Alisjahbana, R. Teguh Suhardho Sastrosoewignjo, dan tokoh-tokoh lainnya.

7. Universitas Gadjah Mada

Terakhir pada daftar ini adalah Universitas Gadjah Mada yang didirikan oleh pemerintah sejak 19 Desember 1949, dengan 6 fakultas pada saat itu. Sekarang UGM telah berkembang pesat dengan menjadi jajaran Universitas Terbaik di Indonesia, bersaing dengan UI dan ITB. Bahkan UGM yang sekarang telah memiliki 18 fakultas yang artinya telah bertambah 12 fakultas sejak didirikan.

Selesai sudah daftar 7 Universitas tertua di Indonesia, baik dari kampus negeri maupun kampus swasta. Sebagai Universitas tertua, tentunya kampus-kampus tersebut telah memiliki prestasi yang banyak. Tidak lupa, yang terpenting adalah mendidik putra-putri bangsa yang akan senantiasa berjuang dalam membangun negeri ini menjadi negara yang maju dan mandiri hingga saat ini.