Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah demi Masa Depan Cerah

 Berada di tahun terakhir masa SMA mengharuskan pelajar untuk mulai menentukan tujuan jurusan kuliah. Beragam pilihan jurusan ilmu kini semakin banyak terbuka di perguruan tinggi. Kali ini akan dibahas tips memilih jurusan kuliah demi menikmati masa depan yang memuaskan. Tips ini diharapkan bisa membantu siapa saja untuk mengambil pilihan jurusan ilmu saat berkuliah kelak.

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah demi Masa Depan Cerah
7 Tips Memilih Jurusan Kuliah


1. Kenali Passion

Tips pertama yang bisa diterapkan adalah mengenali passion. Usahakan untuk memilih jurusan sesuai dengan passion juga bakat yang dimiliki. Telah banyak cerita mahasiswa mengaku tak sanggup menamatkan kuliah karena merasa salah pilih jurusan. Jangan sampai cerita ini terus berulang. Kenali passion dan jangan ragu untuk menempuh kuliah di jurusan sesuai passion yang dimiliki.

2. Jalani Riset Jurusan yang Diminati

Langkah kedua yang dapat dilakoni saat memilih jurusan adalah melakukan riset. Jika sudah ada beberapa nama jurusan yang ingin dipilih maka cari tahu lebih lanjut mengenai jurusan ilmu tersebut. Lakukan riset dengan mengumpulkan informasi seluas mungkin supaya bisa lebih kenal dan paham. Semakin mengenal sebuah jurusan maka semakin mudah juga untuk meyakinkan diri berkuliah di suatu jurusan.

3. Perhatikan Nilai Akademis

Tentu pilihan jurusan yang diambil harus sesuai dengan kapasitas dan kemampuan akademis. Jika tak sesuai maka kecil kemungkinan untuk bisa diterima. Kalaupun bisa diterima pasti sulit untuk menjalani kuliah dan bertahan hingga lulus. Jadi lebih baik bersikap realistis dan mengambil jurusan yang sesuai dengan capaian nilai akademis di sekolah.

4. Pahami Fokus Ilmu

Jika ingin mengambil jurusan kuliah maka harus paham apa saja yang akan dipelajari. Tips memilih jurusan kuliah berikutnya adalah memahami fokus ilmu-ilmu yang akan didalami. Cari tahu mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, apakah ada kegiatan laboratorium atau tidak, apakah ada kegiatan lapangan atau tidak. Poin-poin ini sangat penting untuk dipahami supaya lebih yakin untuk memilih jurusan.

5. Kenali Prospek Kerja

Tentu sangat penting untuk mengenali apa saja prospek kerja yang bisa didapat setelah lulus. Harus dipahami apa saja jenis profesi yang dapat digeluti setelah tamat berkuliah. Lalu cari tahu apakah profesi tersebut sesuai dengan passion dan impian atau tidak. Pastikan memilih jurusan yang bisa memberi fasilitas dan peluang untuk bekerja sesuai profesi impian.

6. Pertimbangan Biaya

Setiap memilih langkah dalam melanjutkan pendidikan, pertimbangan biaya sangat penting untuk dipikirkan. Cari tahu berapa besar dana kuliah di jurusan yang dipilih. Beda jurusan bisa jadi beda uang kuliah. Setelah mendapat informasi biaya yang akurat, persiapkan diri untuk melunasi biaya tersebut. Diskusikan dengan orang tua mengenai biaya kuliah ini agar tak ada kendala di masa depan nanti.

7. Jangan Terpengaruh

Usahakan untuk selalu fokus dan percaya pada pilihan sendiri. Orang lain mungkin akan memberikan pengaruh dan komentar apapun mengenai pilihan jurusan yang diambil. Namun, jangan mudah berubah pikiran karena kata-kata orang lain. Bahkan jika itu sahabat sendiri, jangan memilih jurusan hanya karena ingin ikut-ikutan. Diri sendirilah yang akan menjalani kuliah jadi cukup dengarkan kata hati dan terus percaya diri.

Itulah 7 tips memilih jurusan kuliah demi masa belajar yang menyenangkan dan masa depan yang cerah. Penting sekali untuk memperbanyak informasi mengenai universitas juga jurusan yang akan dipilih. Berhati-hati dan selalu cermat agar pilihan jurusan yang diambil tidak disesali di kemudian hari.