Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pilihan Program Pertukaran Pelajar SMA 2021 ke Berbagai Negara

 Mempelajari budaya Negara lain serta tinggal bersama masyarakat setempat merupakan suatu kesempatan luar biasa. Kesempatan tersebut bisa diperoleh dengan program pertukaran pelajar. Pada tahun 2021,  program pertukaran pelajar SMA 2021 diselenggarakan mengikuti protokol Covid-19, seperti tahun lalu.

Meskipun kegiatan belajar dilakukan secara online, namun para peserta nantinya bisa mendapat pengalaman lainnya. Menambah teman dari berbagai Negara, meningkatkan keterampilan berbahasa asing adalah beberapa pengalaman yang didapat. Terdapat banyak program yang dapat didaftar oleh pelajar yang ingin belajar ke luar negeri. Selengkapnya, cek ulasannya berikut ini:

5 Pilihan Program Pertukaran Pelajar SMA 2021 ke Berbagai Negara
5 Pilihan Program Pertukaran Pelajar SMA 2021 ke Berbagai Negara


1. Memahami Budaya Negara Lain Melalui Program YFU

YFU adalah singkatan dari Youth For Understanding. Mengajak pelajar Indonesia untuk mengembangkan diri dengan belajar selama setahun di luar negeri. Peserta yang berhasil lolos akan tinggal dengan keluarga angkat di sana.

Program ini menginginkan pelajar bisa mempelajari dan merasakan budaya di Negara setempat melalui pengalaman langsung. Pelajar dengan rentang usia 15 hingga 18 tahun diizinkan mendaftar. Selama tinggal di Negara tujuan, peserta akan diasuh oleh salah satu keluarga di Negara tersebut.

Sebelum membuka untuk program pertukaran pelajar SMA 2021, YFU sedang memperbaiki program agar dapat menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19. Pendaftaran direncanakan akan kembali dibuka pada bulan Juli-September 2021. Selengkapnya, informasi bisa dibaca pada website resmi,  https://yfu.org/ 

2. Menjadi Remaja Amerika Setahun Lamanya

YES singkatan dari Kennedy-Lugar Youth Exchange And Study adalah program beasiswa yang membuka kesempatan bagi para pelajar kelas 1 serta 2 SMA. Jika berhasil lulus, pelajar akan hidup sebagai remaja Amerika setahun lamanya.

Pelajar yang mendaftar harus lahir pada tahun 2004 di bulan Januari sampai Agustus di tahun 2005. Pada tahun lalu, pendaftaran berakhir di pertengahan bulan November. Untuk informasi lengkapnya, bisa cek link https://afsindonesia.org/yes-program/ 

3. Mendalami Kebudayaan Jepang

Pemerintah Negara Jepang bekerjasama dengan Indonesia dalam bidang pendidikan. Kementerian pendidikan Jepang membuka kesempatan untuk merasakan pengalaman menjadi pelajar di Sekolah Jepang bagi pelajar di Indonesia. Para pelajar bisa mengikuti program Asia Kakehashi Project untuk memperoleh beasiswa secara penuh.

Tahun 2020 lalu, pendaftaran berakhir pada November. Bagi yang ingin mendaftar, informasi selengkapnya dilihat melalui link, https://afsindonesia.org/ 

4. Ikut Andil Dalam Mempersatukan Budaya Bersama UWC

UWC adalah singkatan dari United World College. Sebuah kegiatan internasional yang bergerak di bidang pendidikan. Kegiatan pendidikan ini didukung oleh perguruan tinggi, berbagai sekolah internasional dan komite nasional.

Pelajar bisa merasakan pengalaman hidup di Negara orang sekaligus belajar dengan sistem pendidikan di sana. Berbagai tujuan sekolah di berbagai Negara disediakan. Pelajar bebas memilih untuk bersekolah  di Negara Thailand, Kanada, China, Italia, India dan Negara lainnya. Terdapat program tanpa dan dengan beasiswa secara penuh.

Bulan November sampai Desember, pendaftaran untuk program ini bisa dilakukan. Informasi lebih lanjut, bisa dibaca melalui link website resminya berikut https://www.uwc.org/ 

5. Belajar Budaya di Norwegia

Bagi yang ingin tinggal dan belajar ke Norwegia, program ini bisa dipilih. International Student Festival in Trondheim atau ISFiT adalah nama dari program penyelenggara kegiatan ini.

Selama pelaksanaan acara, peserta tidak perlu pusing dengan akomodasi serta makan, sebab biayanya ditanggung oleh pihak penyelenggara. Namun bagi peserta terpilih, biaya pesawat ditanggung sendiri.

Tahun 2021 ini, untuk kegiatan pertukaran pelajar ke Norwegia belum ditentukan kapan dilaksanakannya. Tetapi, di bulan Februari lalu ISFit berhasil menyelenggarakan festival dengan tema Creating Knowledge. Untuk yang tertarik, informasi dan bentuk kegiatan selengkapnya bisa dilihat melalui youtube ISFit atau melalui link http://www.isfit.org/ 

Kesempatan untuk merasakan kehidupan di Negara orang terbuka bagi siapa pun, khususnya bagi pelajar SMA. Bagi yang tertarik dapat memeriksa lima pilihan dari program pertukaran pelajar SMA 2021 tersebut. Waktu untuk menyiapkan diri masih tersisa, segera persiapkan diri. Semuanya bisa dicapai, bila harapan selalu diiringi usaha dan doa.