Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Tidak Kalah Bergengsi

 Dewasa ini lulusan Teknik Sipil cukup diminati banyak perusahaan. Hal ini sejalan dengan program pembangunan yang kian melesat. Meski begitu, prospek kerja lulusan teknik sipil bukan melulu soal bangunan. Ada peluang kerja lain yang tak kalah menarik bagi lulusan teknik sipil, yaitu:

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Tidak Kalah Bergengsi
Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil 


1. Surveyor

Sekilas pekerjaan surveyor memang seperti tukang bangunan, karena mondar-mandir dari satu proyek ke proyek lain. Namun, prospek kerja lulusan teknik sipil sebagai surveyor ternyata terbuka lebar dan menjanjikan. Hal itu karena seorang surveyor memiliki tanggung jawab yang besar, bahkan lebih besar dari sang pimpinan proyek itu sendiri.

Surveyor pada sebuah proyek konstruksi, wajib memastikan sebuah informasi yang valid terkait serangkaian proses pembangunan. Mulai dari memetakan lokasi proyek, struktur tanah dan ketahanan bangunan, jalur pengairan, hingga membuat model tiga dimensi terkait kerangka proyek agar mudah dipahami oleh tim pembangunan.

Bukan tidak mungkin, seorang lulusan teknik sipil yang bekerja sebagai surveyor akan turut menghitung kekuatan pendanaan dan aspek legal sebuah proyek. Karena, Fakultas Teknik Sipil juga terkait dengan program studi lain, di antaranya adalah ilmu ekonomi dan hukum.

2. Structural Engineer

Masih terkait dengan konstruksi bangunan, namun kali ini seorang lulusan teknik sipil akan menjadi pilar utama dalam sebuah proyek. Tentu saja, karena seorang structural engineer adalah pekerja yang hanya fokus pada kerangka bangunan, sebelum proyek berlanjut jauh.

Dalam artian, profesi inilah yang akan memastikan sebuah bangunan akan kukuh dan tahan lama, di tengah guncangan atau pergeseran tanah, serta faktor-faktor lain yang bisa merusak atau merobohkan bangunan. Pastinya, ada perhitungan matematika dan fisika yang berpadu menjadi sebuah kosntruksi yang kukuh.

3. Coastal Engineer

Bagi lulusan Teknik Sipil yang memiliki jiwa petualang dan pecinta lingkungan, menjadi seorang coastal engineer bisa jadi mengasyikkan. Profesi ini adalah sebuah turunan dari Teknik Sipil, yang fokus pada tanggung jawab pelestarian dan pengembangan garis pantai. Barangkali ini saat yang tepat untuk bekerja sambil jalan-jalan.

Erosi, banjir, dan pencemaran yang merusak garis pantai, akan menimbulkan dampak yang serius, salah satunya pada sistem navigasi atau pariwisata. Seorang lulusan Teknik Sipil juga bisa sangat berperan dalam meningkatkan devisa negara melalui sektor pariwisata, dengan berprofesi sebagai coastal engineer.

4. Konsultan

Tukang bangunan juga banyak yang berkelas. Contohnya, seorang konsultan pembangunan. Secara legal, kegagalan sebuah konstruksi akan menjadi kesalahan seorang pimpinan proyek dalam memimpin pembangunan. Namun, hal itu bisa dicegah jika pembangunan yang dilakukan telah mendapatkan arahan dari seorang konsultan ahli konstruksi.

Profesi ini bergengsi sekali, karena lulusan Teknik Sipil ini tidak perlu berlelah-lelah mengawasi proyek, melainkan hanya memberikan arahan yang sesuai dengan kondisi lapangan. Tanda tangan seorang konsultan dibutuhkan sebagai aspek legal, bahwa sebuah pembangunan sudah layak dilakukan dan terjaga keselamatan para pekerjanya.

5. TNI

Lulusan Teknik Sipil bukan tidak mungkin menjadi tentara. Sekarang, jalur penerimaan TNI tidak hanya untuk lulusan Akademi Militer saja, melainkan ada pula jalur sarjana. Salah satunya, Sarjana Teknik Sipil. Meskipun program studi yang dibuka setiap tahunnya biasanya berbeda, namun peluang untuk mengabdi kepada bangsa tetap terbuka bagi ‘anak sipil’.

Perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat, membuka perusahaan untuk mengembangkan divisi-divisi yang lebih spesifik. Dengan begitu, prospek kerja lulusan Teknik Sipil pun menjadi semakin terbuka. Tidak hanya terpaku di urusan bangunan, tetapi juga bisa menduduki posisi strategis yang semakin bergengsi.