Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK dengan Prospek Cemerlang

 Melanjutkan studi ke sekolah kedinasan adalah idaman bagi lulusan sekolah menengah atas. Bukan hanya bagi lulusan SMA, tetapi juga siswa SMK karena berharap terbukanya lapangan kerja setelah lulus. Sekolah kedinasan untuk SMK yang bonafit pun telah banyak tersebar dan menyediakan pekerjaan bagi lulusannya, seperti sekolah-sekolah berikut ini:

5 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK dengan Prospek Cemerlang

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Di bawah naungan Kemenkeu, sekolah yang dulu dikenal sebagai STAN ini menjadi pilihan favorit lulusan SMK. Sekolah ini memang fokus mempelajari keuangan, perpajakan, dan kepabeanan, sehingga cocok bagi lulusan SMK jurusan akuntansi. Tentu saja sekolah ini banyak menjadi incaran, karena sektor keuangan masih menempati bidang pekerjaan dengan penghasilan tinggi.

PKN STAN menerima lulusan SMK dengan biaya ditanggung oleh PKN-STAN. Artinya, calon mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melanjutkan studi di sini. Ditambah lagi, setelah lulus akan mendapat penempatan di beberapa instansi di lingkungan Kementerian Keuangan. Dengan kemudahan ini, PKN-STAN masih menjadi pilihan favorit sekolah kedinasan bagi lulusan sekolah menengah khususnya SMK.

2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Sekolah kedinasan berikutnya yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMK adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Siswa SMK yang bisa mencoba memilih sekolah ini adalah para lulusan jurusan otomotif atau sejenisnya. Kementerian Perhubungan sebagai pengawas sekolah ini, akan menempatkan para lulusan STTD untuk bekerja di berbagai proyek di bawah naungan kementerian tersebut.

Berlokasi kampus di Bekasi, STTD tentu menjadi alternatif pilihan siswa SMK. Namun sebagai pertimbangan, ada sejumlah biaya tertentu yang harus dikeluarkan untuk sekolah di STTD. Meskipun berbayar, kejelasan lapangan kerja serta jenjang karir yang baik, tentu akan menjadi pertimbangan yang perlu diprioritaskan.

 3. POLTEKIP

Poltekip merupakan salah satu perguruan yang juga menerima siswa lulusan SMK. Dinaungi oleh Kemenkumhan, sekolah ini menyediakan fasilitas sekolah gratis bagi siswanya. Selain itu, belajar di sekolah kedinasan ini juga memberikan peluang kerja yang terbuka sangat luas. Sekolah kedinasan ini pun membuka peluang bagi lulusan SMK yang ingin bergabung dengan sektor kerja pemasyarakatan.

Para lulusan politeknik ini tentu saja akan disebar dan harus terjun langsung ke lembaga-lembaga terkait pemasyarakatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jenjang karir di sektor pemasyarakatan pun tergolong cemerlang, karena wilayah kerja yang luas, serta peningkatan jabatan yang pasti seperti halnya ASN.

4. Politeknik Imigrasi

Sama halnya dengan Poltekip, Politeknik Imigrasi juga dinaungi Kementerian Hukum dan HAM. Awalnya berbentuk akademi, sekolah kedinasan ini kemudian beralih menjadi politeknik. Sesuai dengan namanya, Poltekip dikhususkan pada pengajaran materi-materi di bawah Direktorat Imigrasi. Hal itu berarti, setelah lulus dari Politeknik Imigrasi ini dapat segera diterjunkan ke lingkungan keimigrasian.

Berlokasi di Depok, para lulusannya tentu saja harus berdisiplin yang tinggi, integritas, nasionalisme, serta kecerdasan baik intelektual maupun spiritual. Karena, imigrasi merupakan garda depan perlindungan dari masuknya barang-barang ilegal, serta kejahatan perdagangan manusia.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah kedinasan ini dinaungi oleh Badan Intelijen Negara. Menerima lulusan SMK dengan memfokuskan kepada pemecahan masalah, sekolah kedinasan ini juga memberikan fasilitas sekolah gratis seperti halnya PKN-STAN. Sekolah Tinggi Intelijen Negara berlokasi di Bogor, sebuah tempat yang cukup kondusif untuk kegiatan belajar.

Pilihan sekolah kedinasan untuk SMK di Indonesia sudah sangat beragam, dengan prospek lapangan kerja yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini berarti, para siswa tak perlu ragu lagi untuk menempuh jalur pendidikan SMK. Demikian halnya siswa SMK, tidak perlu khawatir mencari lapangan pekerjaan jika bergabung dengan sekolah-sekolah kedinasan.