Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cemerlang

 Adanya beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan karena adanya perubahan dalam dunia pendidikan terbilang cepat. Seiring perkembangan teknologi sekarang menciptakan profesi baru dengan keterampilan sesuai keadaan saat ini. Apabila lulus SMA atau SMK ingin melanjutkan kuliah guna menunjang masa depan, pilih jurusan yang sedang dibutuhkan saat ini dan mempunyai prospek kedepannya.

Mengenal 5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cemerlang
5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cemerlang


1. Pendidikan Kedokteran

Sekarang ini tenaga medis sangat diperlukan serta menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan karena peluangnya cukup besar. Dokter mampu menyelamatkan banyak nyawa yang terserang penyakit. Apalagi saat ini perannya begitu berarti untuk menangani virus-virus ganas yang menyerang tubuh manusia.

Tidak hanya dokter umum yang dibutuhkan, dokter-dokter spesialis juga berperan untuk kesembuhan masyarakat. Jasanya dalam bidang kesehatan akan selalu dikenang dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Sehat adalah faktor utama yang dijadikan sebagai pendukung dalam melakukan segala kegiatan dengan nyaman.

2. Teknik Informatika

Pesatnya teknologi saat ini membuat teknik informatika menjadi diminati dan kesempatan kerjanya juga banyak. Apalagi sekarang segala sesuatunya sudah tidak manual lagi dan bergantung pada pengetahuan akan suatu teknologi. Ilmu yang diperoleh dari jurusan ini akan digunakan dalam jangka panjang.

Biasanya mahasiswa dari jurusan ini menjadi seorang programmer, pengembang web dan software. Adapun pekerjaan lainnya yang ada hubungannya dengan ilmu komputer serta teknologi informasi. Jurusan ini dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama serta semakin banyak perusahaan yang membuka lowongan bersyarat lulusan teknik informatika.

3. Psikologi

Mahasiswa lulusan dari psikologi paling dicari oleh perusahaan untuk bagian rekrutmen karyawan. Macam-macam karakter manusia dapat dipelajari pada bidang psikologi. Ada beragam profesi yang menginginkan asal kuliah yang diambil itu psikologi, karena banyak keuntungan yang bisa diambil.

Lingkungan pendidikan juga memerlukan sosok ini sebagai guru konseling peserta didiknya yang dapat membantu permasalahan belajar anak. Apabila ingin menjalankan suatu pekerjaan secara mandiri, dapat berprofesi sebagai konselor juga dan lain-lain sesuai minatnya.

4. Sastra Inggris

Bahasa asing satu ini menjadi sangat fenomenal dan menjadi bahasa yang sudah dipelajari sejak dini. Banyaknya bidang yang bisa digeluti oleh mahasiswa yang lulus dari sastra Inggris. Mulai dari menjadi penerjemah serta membuat konten menarik yang berhubungan dengan sastra. Apalagi sekarang banyak peminatnya serta berlomba-lomba memasuki jurusan ini.

Tidak hanya itu, apabila melanjutkan kuliahnya menuju S2 hingga jenjang yang lebih tinggi lagi, dapat berprofesi sebagai dosen. Perusahaan besar juga mengincar mahasiswa jurusan ini yang bisa membantunya saat melakukan komunikasi dengan pihak asing. Mengembangkan potensi yang ada sangat membantu dalam dunia pekerjaan.

5. Akuntansi

Dunia bisnis sangat membutuhkan mahasiswa yang berasal dari jurusan akuntansi dalam mengelola keuangan perusahaan. Bukan cuma itu, jurusan ini memiliki peluang yang besar untuk berbagai kedudukan yang ada dalam perusahaan. Pada umumnya pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi berada di bank dan perpajakkan.

Mengatur keuangan dengan baik dan mampu menjalankan tugas yang diberikan oleh perusahaan dengan tanggung jawab adalah nilai tambah. Ilmu yang diperoleh selama belajar akuntansi ketika kuliah dapat diterapkan dengan baik saat menggeluti pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis. Bagi siapa saja yang memilih jurusan ini tidak akan merasa dirugikan.

Demikian penjelasan mengenai jurusan kuliah yang menjanjikan bisa dibuat referensi dalam memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat peserta didiknya. Keberadaan jurusan ini tidak jarang peminat, jadi butuh semangat dalam belajar guna mencapai cita-cita dan mempunyai masa depan cemerlang.