Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kuliah Sambil Kerja yang Efektif agar Hasil Maksimal

 Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi kehidupan. Namun, tidak semuanya mampu untuk menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi dikarenakan keterbatasan ekonomi. Jadi, kuliah sambil kerja adalah pilihan agar tetap bisa bertahan dalam menempuh pendidikan. Berikut ini adalah cara kuliah sambil kerja yang efektif agar hasilnya maksimal :

Cara Kuliah Sambil Kerja yang Efektif agar Hasil Maksimal

1. Mempertahankan Fokus

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh seseorang yang akan atau sedang bekerja sambil kuliah yaitu harus pandai dalam menjaga fokus. Dalam hal ini, fokus yang menjadi perhatian utama yaitu terhadap pekerjaan dan juga perkuliahan. Sekiranya hal-hal tidak penting di luar kedua hal tersebut sebaiknya dihindari, contohnya seperti banyak membuang-buang waktu, nongkrong sana-sini, dan bermain game.

2. Melakukan Manajemen Waktu

Seseorang yang sedang dalam masa kuliah sambil bekerja harus bisa mengatur waktunya sendiri kapan untuk bekerja, kapan belajar dan kapan untuk menyegarkan diri sendiri. Jika hal ini sudah dibiasakan, tentu akan sedikit membantu menghindari kelelahan akibat waktu kerja dan belajar yang bertabrakan. Bukan hanya kelelahan fisik yang dirasakan, melainkan hingga kelelahan mental.

3. Berkomunikasi dengan Perusahaan

Cara kuliah sambil kerja yang efektif ketiga yaitu, berkomunikasi dengan pihak terkait dalam mengambil keputusan kuliah sambil kerja. Dalam hal ini berkomunikasi dengan pihak perusahaan atau pihak kantor yang menjadi tempat bekerja. Jangan sampai perusahaan tidak tahu bahwa pekerjanya juga sedang berkuliah. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa memaklumi dan tidak memberi pekerjaan berlebih.

4. Memilih Kelas yang Sesuai

Ketika masih sedang tahap memilih tempat kuliah, sebaiknya pemilihan kelas juga diperhatikan. Jika berkuliah di kampus swasta, biasanya memiliki kelas khusus untuk para pekerja atau karyawan. Kelas ini biasanya disesuaikan jam kuliahnya dengan jam bebas kerja rata-rata para karyawan. Jam kuliah bisa dari sore hingga malam hari ataupun hanya saat akhir pekan atau weekend.

5. Memperhatikan Istirahat

Salah satu hal yang biasanya luput dari perhatian pekerja yang merangkap sebagai mahasiswa adalah waktu istirahat. Pastikan untuk selalu meluangkan waktu untuk beristirahat, setidaknya tidur 5 hingga 6 jam sehari untuk menjaga kondisi badan agar tetap prima. Jika terlalu banyak kekurangan istirahat, dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kondisi tubuh yang dapat menyebabkan kehilangan fokus.

6. Memperhitungkan Biaya

Mahasiswa yang telah bekerja, biasanya membayar biaya kuliah dengan uang yang didapatkan dari hasil kerjanya. Meskipun ada juga yang masih dibantu dengan biaya dari orang tua, untuk setidaknya meringankan beban orang tuanya. Maka dalam memilih tempat berkuliah perlu dipertimbangkan biaya kuliah yang ditetapkan oleh kampus tersebut, agar sesuai dengan anggaran yang telah diperhitungkan.

7. Meningkatkan Kemampuan Diri

Adanya dua pekerjaan yang harus dilakukan yaitu bekerja sekaligus kuliah tentu dapat dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan diri. Kemampuan yang perlu ditingkatkan bisa dalam hal manajemen waktu, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, atau sekedar menambah relasi dan pergaulan baru. Hal ini mungkin dapat berguna suatu saat nanti, baik dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah ketujuh cara kuliah sambil kerja yang efektif dan juga efisien. Hal-hal tersebut perlu diterapkan agar berkuliah sambil bekerja tidak terasa menyiksa fisik maupun mental. Memang bekerja sambil kuliah tidak mudah dan diperlukan banyak pengorbanan. Meski begitu hal ini akan sepadan karena dilakukan untuk mendapatkan masa depan yang lebih cerah.