Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Beserta Gaji

 Ekonomi pembangunan merupakan jurusan yang dapat bekerja di banyak tempat yaitu perusahaan atau badan pemerintah. Namun jurusan ini belum tentu ada di seluruh kampus di Indonesia. Ternyata prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di perusahaan dengan gaji cukup tinggi. Menjadi pemantau ekonomi di masa depan sangat membantu negara agar tidak memiliki perekonomian yang buruk.

Ilmu yang didapatkan mengenai ekonomi terkini sangat baik untuk meningkatkan arah ekonomi di masa depan. Perusahaan dan badan pemerintah lainnya membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan untuk majunya perekonomian. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ekonomi pembangunan cukup besar dengan tanggung jawab yang besar pula. Langsung saja inilah prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan beserta gajinya, berikut ini:

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Beserta Gaji
Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Beserta Gaji


1. Dosen

Buat lulusan ekonomi pembangunan yang ingin menambah wawasan lebìh dapat menjadi dosen di sebuah universitas ternama. Membagikan ilmu yang dimiliki untuk bekal masa depan generasi muda Indonesia merupakan hal yang baik. Pengalaman yang didapatkan sangat berguna jika ingin pindah ke perusahaan lain. Gaji yang ditawarkan menjadi dosen ekonomi pembangunan berkisar Rp 5 juta per bulan.

2. Ahli Ekonomi

Ahli ekonomi dibutuhkan perusahaan dan badan pemerintah yang ada di Indonesia. Job desk dari pekerjaan ini adalah membaca perekonomian sebelumnya dan saat ini untuk mengetahui ranah perekonomian di masa depan. Seorang ahli ekonomi dapat dengan mudah membaca kondisi perekonomian sehingga dapat memiliki saran yang baik untuk kedepannya. Gaji yang ditawarkan dari pekerjaan ini berkisar Rp 17 juta per bulan.

3. Karyawan Perusahaan Internasional

Selanjutnya ada prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan dengan gaji tinggi yaitu menjadi karyawan perusahaan Internasional. Pada perusahaan ini tugas yang diemban sesuai dengan bidangnya yaitu membaca dan menganalisis pembangunan di sebuah industri. Dengan pengetahuan yang luas dan mengerjakan tugas dengan baik maka gaji yang dihasilkan berkisar Rp 30 juta per bulan.

4. Pegawai Instansi Pemerintah

Lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di instansi pemerintah sesuai dengan lowongan yang ada. Tugas yang dijalankan sesuai dengan instansi pemerintah mana yang ditempati. Seperti Bank Indonesia maka dapat melakukan analisis terhadap kemajuan ekonomi dan mengatasi permasalahannya. Instansi pemerintah menawarkan gaji bagi lulusan ekonomi pembangunan berkisar Rp 2 juta hingga Rp 30 juta.

5. Analis Bisnis

Menjadi analis bisnis sangat cocok untuk lulusan ekonomi pembangunan untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil perusahaan bisnis tersebut. Job desk dari pekerjaan ini adalah memantau dan memberi saran yang baik untuk kemajuan bisnis di masa depan. Perusahaan menginginkan keuntungan di setiap tahunnya yang dapat ditingkatkan karena saran analis bisnis ini. Gaji yang ditawarkan sebagai analis bisnis berkisar Rp 5 juta per bulan.

6. Pengusaha

Sangat cocok bagi lulusan ekonomi pembangunan menjadi seorang pengusaha dari perusahaan yang dibuat sendiri. Kemampuan yang dimiliki dapat dikembangkan dengan membuka bisnis yang bagus di pasar. Dengan menganalisis bisnis dan data yang dimiliki akan menemukan titik terang kemajuan bisnis tersebut. Gaji sebagai pengusaha sangat bervariasi tergantung dengan kesuksesan bisnis tersebut.

Itulah informasi mengenai prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan beserta gaji yang cukup tinggi. Semakin banyak pengalaman yang didapat maka gajinya akan semakin tinggi karena kemampuan yang dimiliki sudah meningkat. Gaji dari pekerjaan di atas sangat menggiurkan namun tanggung jawabnya juga besar. 

Jika salah langkah maka perusahaan dan badan pemerintah dapat mengalami kerugian. Gunakan pengetahuan yang dimiliki dari jurusan ekonomi pembangunan untuk digunakan di perusahaan. Untuk fresh graduate dapat mendaftar pekerjaan di atas dengan gaji yang tidak beda jauh.