Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

 Memilih jurusan berkuliah mungkin tak akan terasa mudah. Banyak pertimbangan yang harus diambil dan salah satunya adalah peluang karir yang terbuka setelah lulus. Penting juga untuk mempertimbangkan nama-nama jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan di tengah masyarakat. Berikut akan dibahas 7 nama jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan kehadirannya di tengah masyarakat:

Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan
7 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan


1. Kedokteran

Program ilmu kedokteran tampaknya memang tak pernah sepi peminat. Bidang ilmu yang satu ini banyak diburu karena memang peluang kariernya dinilai begitu menjanjikan. Gaji yang ditawarkan di masa yang akan datang juga tergolong besar. Lulusan dari jurusan kedokteran akan terus mendapat peluang besar terutama di dunia medis. 

2. Teknologi Informasi

Jurusan berikutnya yang dinilai akan terus dibutuhkan di masa nanti adalah teknologi informasi. Jurusan ilmu ini akan menghasilkan orang yang kompeten di dunia teknologi. Seperti diketahui bahwa teknologi terus bergerak maju dan terus dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang tersebut. Peluang kerja di dunia teknologi akan terus terbuka sehingga lulusan dari bidang ilmu ini akan selalu dibutuhkan kehadirannya.

3. Ilmu Bisnis

Dunia bisnis juga tak pernah ada matinya. Perkembangan bisnis merupakan salah satu penggerak ekonomi di dunia. Tentu saja akan selalu dibutuhkan orang-orang dengan keterampilan dan bekal ilmu berbisnis. Pelaku bisnis juga memegang peran besar di tengah masyarakat karena bisa membawa kesejahteraan dan perubahan hidup ke arah yang lebih baik.

4. Ilmu Komunikasi

Tak bisa dipungkiri bahwa jurusan kuliah ilmu komunikasi juga selalu punya banyak peminat. Ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan di masyarakat dari waktu ke waktu. Peluang kerja lulusan jurusan ini juga sangat beragam. Terutama di bidang jurnalistik yang akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun juga.

5. Data Science

Pilihan jurusan berikutnya yang juga akan dibutuhkan di masa depan adalah data science. Lulusan dari jurusan data science akan memiliki kemampuan mengolah data perusahaan sebagai bahan analisis. Semakin meningkatnya pertumbuhan berbagai perusahaan di indonesia membuat kebutuhan akan ahli data science semakin bertambah. Peran penting lulusan data science akan begitu dibutuhkan untuk memfasilitasi proses bertumbuhnya sebuah perusahaan.

6. Sastra Asing

Kebutuhan akan tenaga kerja yang mahir berbahasa asing juga terus bertambah. Apalagi sekarang perusahaan di Indonesia mulai banyak yang menjalin hubungan kerja sama dengan negara lain. Kemudahan transportasi dan terbukanya hubungan dengan berbagai negara juga memperluas peluang bagi para lulusan sastra asing dari universitas di Indonesia. Mulai dari sastra Inggris, sastra Jepang, sastra Korea, dan masih bahasa asing lainnya.

7. Arsitektur

Pembangunan terus berjalan di negara kita dan proses ini tak akan berhenti di masa depan. Semakin bertambahnya penduduk bumi akan mendorong proses pembangunan untuk terus bergerak. Proses ini akan membutuhkan tenaga arsitek ahli yang kompeten.

Lulusan arsitektur jelas akan selalu dibutuhkan dan memiliki peran besar di dunia ini. Profesi arsitek akan terus menjadi jenis profesi yang menjanjikan saat ini maupun di masa depan.

Itulah 7 pilihan nama jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan di masyarakat. Informasi ini wajib untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan mengambil jurusan ilmu di universitas. Namun tetap kembali lagi pada minat dan bakat yang dimiliki. Pastikan untuk menjatuhkan pilihan jurusan sesuai dengan minat sehingga perjalanan berkuliah akan menjadi lebih menyenangkan.